cara membuat wifi sendiri di hp samsung

Cara Membuat WiFi Sendiri di HP Samsung

Cara membuat wifi sendiri di HP Samsung dan handphone android lainnya (Oppo, Xiaomi, Vivo, Realme, Asus, dll).

Kamu bisa mengikuti tutorial yang pastinya mudah dan cepat. Internet dari smartphone kamu jadi bisa dibagi. Tentu HP kamu akan jadi modem wifi-nya ya.

Tentu saja ini akan sangat berguna ketika ada orang lain yang butuh. Atau mungkin kamu perlu menyambungkan laptop ke internet tapi tidak ada wifi di rumah.

Tapi, untuk membagikan internet dari HP android ini ada syaratnya. Ya, cara membuat wifi sendiri di HP Samsung ini wajib memenuhi beberapa persyaratan.

Syarat Membuat WiFi Pakai HP

Kamu harus tahu dulu nih persyaratan yang harus dipenuhi.

  • HP digunakan sebagai pemancar wifi.
  • Kartu sim aktif berisi kuota yang banyak (terpasang di HP).

Udah, kamu butuh dua syarat itu untuk menjalankan wifi sendiri di HP.

Nah, nama yang populer menyebut wifi dari HP ini adalah tethering.

Apa Itu Tethering?

Seperti yang disebutkan sebelumnya sih, tethering adalah fitur pada android yang berfungsi menjadikan ponsel sebagi hotspot portable.

Sebenarnya, fitur ini sudah ada sejak dulu, ketika android handphone android belum banyak seperti sekarang.

Cara kerja tethering ini cukup mudah. HP akan menjadi seperti modem mobile wifi dengan memanfaatkan kuota internet pada kartu sim yang terpasang.

Gimana kalau kita konek wifi terus disebar pakai HP yang sama?

Itu nggak bisa ya. HP kamu harus menggunakan koneksi internet dari kartu sim. Kalau kamu menghidupkan tethering dan menyalakan wifi, pasti wifi akan mati dan berpindah ke tethering.

Cara Membuat Wifi Sendiri di HP Samsung

Bagaimana caranya mengaktifkan tethering di HP Samsung?

Begini nih caranya. Tapi, cara ini tidak hanya bisa digunakan pada smartphone Samsung aja ya. Apapun handphone android pokoknya, bisa Xiaomi, Asus, Oppo, Vivo, Realme, dan merk HP lainnya.

Berikut ini cara membaut wifi sendiri di HP android.

  1. Masuk ke menu Pengaturan.
  2. Pilih Jaringan & internet.
  3. Selanjutnya, pilih Hotspot dan tethering.
  4. Lalu, aktifkan Hotspot Wi-Fi.
  5. Kalau sudah, atur password pada wifi portable yang kamu buat sesuai dengan keinginan.
  6. Jika sudah, aktifkan hotspot dari HP kamu.

Mungkin cara di atas akan berbeda tergantung dari tipe HP dan android yang terpasang ya. Tapi, secara garis besar sama saja kok.

Kamu cukup mencari pengaturan wifi dan jaringan. Lalu cari tethering atau portable hotspot. Kalau sudah ketemu, tinggal aktifkan saja. Jangan lupa setting password biar nggak sembarang orang yang menyambung ke hotspot milikmu.

Baca juga: Tutorial Mengunci Jaringan 4G di HP Android

Penutup

Semoga cara membuat wifi sendiri di HP Samsung atau handphone android lainnya bermanfaat ya. Kalau kamu belum berhasil, coba komen di bawah, mungkin saya bisa bantu. 🙂

Leave a Comment!