Cara Tethering HP ke HP – Hotspot, Wifi, Bluetooth

Cara tethering HP ke HP itu gimana sih? Apakah tethering hotspot bisa dilakukan dari HP seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, Realme, Redmi, Vivo, ke iPhone?

Buat yang bertanya-tanya mengenai hal tersebut, jawabannya ada di artikel ini. Pembahasan lengkap mengenai cara tethering wifi HP ke HP atau tethering bluetooth akan dibahas detail.

Simak artikel ini sampai habis biar tahu tutorialnya ya, hehehe.

Apa itu Tethering?

Tethering atau disebut juga Phone-as-Modem (PAM) adalah fitur membagikan koneksi internet dari smartphone, tablet, dll ke perangkat seluler lain atau komputer.

Jadi, ketika kita mengaktifkan fitur tethering di HP, handphone kita nanti akan berperan sebagai modem.

cara mengaktifkan hotspot
unsplash.com

Cara Berbagi Hotspot di HP Android

Untuk mengaktifkan tethering dari HP, tentu kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Kalau di handphone Android biasanya dinamai portable hotspot.

Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Buka menu Settings
  • Cari Portable hotspot (kalau tidak langsung ketemu, kamu bisa masuk ke menu Connection & sharing terlebih dahulu)
  • Setelah itu, aktifkan fitur ini dengan menggeser tombolnya agar aktif
  • Kalau sudah, maka tethering atau hotspot dari smartphone sudah bisa digunakan

Tutorial di atas juga cara tethering HP ke laptop ya. Jadi, tethering yang diaktifkan bisa digunakan untuk laptop, tablet, HP lain, iPhone, atau perangkat lain yang juga memiliki fitur wifi.

Setting Nama Portable Hotspot

Nama dari tethering kita juga bisa diubah sesuai dengan keinginan lho. Bisa juga menambahkan password agar tidak sembarangan orang bisa terhubung dengan tethering kita.

  • Buka Pengaturan atau Settings
  • Cari menu Portable hotspot
  • Masuk ke pilihan Set up portable hotspot
  • Ubah SSID untuk mengganti nama tethering dan password untuk ubah kata sandi
  • Kalau sudah selesai, klik ikon centang atau OK

Nama dan password wifi tethering akan berubah sesuai dengan yang sudah kamu ganti. Untuk mengeceknya, hidupkan saja hotspot portable, lalu lihat di HP lainnya, apakah ada wifi dengan nama seperti yang kamu ganti tadi.

Cara Tethering HP ke HP

Tadi kan udah tuh cara mengaktifkan atau cara tethering HP ke HP. Nah, lalu cara menerima hotspot dari HP lain gimana?

Sebenarnya sama sih kayak kalau kita mau nyambungi handphone ke HP.

  • Pertama, tentu saja HP yang mau kasih tethering sudah aktifkan portable hotspot
  • Aktifkan wifi dari HP kita (smartphone yang mau disambungkan ke tethering)
  • Lalu, kita cari wifi yang tersedia (sesuai dengan nama dari tethering HP sebelumnya)
  • Sambungkan dengan wifi tersebut (klik wifi-nya lalu masukkan password)
  • Sudah selesai deh, kamu bisa berselancar di dunia maya menggunakan tethering dari HP lainnya

Kalau tidak ada yang mau ngasih tethering, mending pakai kuota aja. Buat yang koneksinya lemot, bisa coba cara mengunci jaringan 4G dengan mudah. Jadi, koneksi kita akan selalu 4G dan cepat.

Membatasi Kuota untuk Tethering Wifi

cara berbagi hotspot
unsplash.com

Biasanya, orang yang minta tethering itu nggak mikir kita gimana. Bisa jadi mereka menggunakan kuota dengan seenaknya.

Giliran udah tahu cara hotspot HP Samsung ke HP Oppo. Atau sudah ada teman berbagi hotspot lalu menyambungkan wifi dari HP Vivo ke Xiaomi Redmi, kuota kita akhirnya habis.

Nah, ternyata ada pengaturan di smartphone kita yang bisa membatasi penggunaan kuota maksimal saat tethering.

Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini ya.

  1. Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting
  2. Masuk ke pilihan Portable hotspot atau tethering
  3. Kemudian pilih One-time data limit atau Batas data
  4. Aktifkan fitur ini dengan menggeser opsinya
  5. Lalu set berapa banyak kuota yang ingin kamu bagikan.

Udah deh, nantinya, kalau kuota yang dipakai tethering sudah mencapai batas maksimal, maka orang yang menyambung ke tethering kita tidak bisa lagi menggunakan internet.

Cara Tethering Bluetooth dari HP ke HP

Salah satu pembahasan cara tethering HP ke HP adalah pakai bluetooth. Jadi, berbagi hotspot juga bisa dilakukan dengan menggunakan bluetooth lho.

Tutorial atau langkah-langkahnya mirip seperti ketika kita menggunakan portable hotspot. Cuma ini yang diaktifkan fitur bluetooth tethering-nya.

  1. Buka menu Settings
  2. Masuk ke menu Connection & sharing
  3. Pilih Portable hotspot
  4. Kemudian aktifkan Bluetooth tethering

Udah deh, itu cara tethering HP ke HP pakai bluetooth. Handphone lainnya tinggal konek ke bluetooth kamu aja untuk bisa menggunakan internet.

Nah, kalau ada yang bertanya cara agar wifi bisa di hotspot, mungkin bisa pakai tethering bluetooth ini. Jadi, HP kita nyambung wifi, terus di-tethering-kan pakai bluetooth.

Jenis Tethering

Setelah mengetahui cara tethering HP ke HP, kita belajar macam tethering ya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tethering itu ada 3 jenis ya.

  • Tethering wifi – Merupakan tethering yang mengubah HP kita jadi hotspot menggunakan wifi. Jadi, orang lain akan bisa konek ke HP kita lewat wifi.
  • Bluetooth tethering – Merupakan tethering koneksi internet menggunakan bluetooth. Kecepatan internet tentu akan lebih lambat jika menggunakan wifi, tapi baterai jadi lebih hemat. Orang lain yang bisa konek ke bluetooth tethering juga cuma 1 perangkat saja.
  • USB tethering – Merupakan cara membagikan koneksi internet pakai USB. Biasanya cara ini digunakan ketika kita ingin membagikan koneksi ke laptop atau komputer. Jadi, handphone kita akan berfungsi layaknya modem.

FAQ

Bagaimana cara tethering dari HP ke HP?

Cara mengaktifkan tethering di HP adalah menyalakan Portable hotspot. Masuk menu Settings > Connection & sharing > Portable hotspot > aktifkan.

Apa perbedaan tethering dan hotspot?

Tethering adalah proses mengakses internet dari suatu perangkat (umumnya HP) ke perangkat lainnya. Hotspot adalah penyedia akses internet yang koneksinya tanpa kabel dan bisa digunakan beberapa perangkat seperti laptop, handphone, tablet, dll.

Bagaimana cara tethering lewat bluethooth?

Cara tethering lewat bluetooth > masuk menu Settings > Connection & sharing > Portable hotspot > Bluetooth tethering > aktifkan.

Penutup

Semoga cara tethering HP ke HP di atas membantu ya. Kamu bisa melakukan tethering menggunakan hotspot, bluetooth, ataupun USB.

Nah, untuk tutorial di artikel ini, semuanya pakai HP Xiaomi ya. Jadi, kalau ada perbedaan nama menu dan langkah-langkahnya, harap dimaklumi, hehehe. Tapi, setingan seperti ini mirip-mirip kok, beda nama aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.