Kenapa Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan?

Kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan? Apa penyebab hal tersebut? Mengapa voucher yang sudah ada tidak bisa dipakai?

Ada beberapa penyebab voucher gratis ongkir di Shopee tidak bisa digunakan. Nggak bisa dipakai baik itu di HP atau di laptop, padahal sudah diklaim.

Buat yang pengen tahu penyebab hal ini dan cara mengatasi eror yang terjadi. Simak artikel ini sampai selesai ya, biar masalah kamu terselesaikan, hehehe.

Penyebab Kenapa Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan

penyebab kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan
unbox.id

Apa penyebab voucher gratis ongkir nggak bisa dipakai? Ada banyak nih sebabnya, berikut beberapa diantaranya.

1. Jasa Pengiriman Tidak Didukung

Bisa jadi, voucher tidak bisa digunakan karena jasa pengiriman yang kita pilih memang tidak gratis ongkirnya. Biasanya, voucher gratis ongkir ini hanya dapat dipakai untuk jasa pengiriman tertentu saja.

Kamu bisa cek ketika checkout produk yang akan dibeli. Klik saja pilihan jasa pengiriman yang tersedia. Tentu setelah memilih voucher yang akan dipakai ya.

Kalau memang voucher bisa dipakai untuk jasa pengiriman yang kamu pilih, maka kemungkinan akan gratis ongkirnya.

2. Metode Pembayaran Berbeda

Penyebab kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan selanjutnya adalah metode pembayaran yang kamu pilih.

Kamu harus tahu dulu ketentuan penggunaan voucher. Biasanya ada voucher yang hanya bisa digunakan untuk metode pembayaran tertentu. Contohnya seperti hanya bisa dipakai untuk pembayaran dengan Shopeepay saja.

Jadi, ketika kamu menggunakan pembayaran lain non Shopeepay seperti transfer bank, QRIS, QR Code, Indomaret, Alfamart, Gojek, Grab, dll, tentu akan gagal.

3. Voucher Tidak Berlaku

Mengapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan?

Alasan selanjutnya adalah karena voucher-nya memang tidak bisa digunakan untuk produk tertentu.

Kan biasanya kita checkout banyak produk sekaligus tuh. Nah, kadang ada produk-produk tertentu yang memang tidak bisa pakai voucher gratis ongkir.

Kamu bisa cek satu per satu dulu, produk mana yang tidak bisa pakai voucher-nya. Kalau sudah ketemu, mending urungkan dulu buat beli produknya, hehehe.

4. Masa Berlaku Habis

Voucher itu juga ada masa berlakunya, jadi kadang kelewatan pas mau dipakai. Kalau sudah habis gini, tentu voucher jadi nggak bisa dipakai deh.

Misal nih, kamu punya voucher yang masa berlakunya 5 hari aja. Setelah 5 hari dari waktu kamu klaim, kalau nggak dipakai, voucher bakal hangus sesuai dengan masa kadaluarsanya.

5. Voucher Gratis Ongkir Tidak Sah

Kalau penyebab kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan yang satu ini biasanya buat yang masukin kode voucher.

Jadi, jika keluar pemberitahuan seperti ini, berarti kode yang kita masukkan tidak berlaku lagi, tidak bisa digunakan, atau mungkin salah ketik.

6. Voucher Hanya untuk Pengguna Tertentu

Kadang, ada voucher yang dikhususkan untuk pengguna Shopee tertentuk. Misalnya khusus untuk pengguna baru yang pertama kali daftar dan pakai Shopee.

7. Kuota Voucher Habis

Asalan kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan selanjutnya adalah kuotanya habis.

Biasanya, kalau kuota pemakaian suatu voucher habis, maka akan ada pemberitahuannya. Ini terjadi kalau kamu memasukkan kode voucher.

Kalau kamu udah dapat vouchernya, biasanya langsung ilang aja tuh, nggak ada pas dicari. Jadi, lihat baik-baik voucher-nya, apakah ada kuota atau tidak. Kalau ada, sebaiknya gunakan segera biar nggak kehabisan.

8. Belum Mencapai Syarat Minimum Pembelian

Kadang, ada voucher gratis ongkir yang syarat pembeliannya 0 Rupiah. Tapi, ada juga yang Rp30.000, atau Rp50k. Semua tergantung program yang sedang dijalankan oleh Shopee.

Cek terlebih dahulu apakah ada syarat harus belanja minimal berapa dulu baru bisa pakai voucher-nya. Kalau ada dan kamu belum memenuhi syarat tersebut, biasanya voucher tidak bisa dipakai.

9. Pembatasan Akun Shopee

Ada lagi nih alasan kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan di perangkat ini. Akun kamu sedang dalam masa pembatasan.

Salah satu penyebab voucher tidak bisa atau selalu gagal saat akan digunakan. Biasanya hal ini terjadi karena perilaku yang tidak wajar dan melanggar kebijakan komunitas dari Shopee.

Kalau akun sudah dibatasi, kamu nggak bisa melakukan transaksi di aplikasi Shopee selama masa pembatasan. Tentu saja termasuk menggunakan voucher gratis ongkir.

Cara Mengatasi Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan

cara mengatasi kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan
youtube.com

Setelah membaca beberapa penyebab dan alasan kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan, kita coba cara mengatasi masalah tersebut.

1. Pilih Ekspedisi yang Didukung

Gunakan ekspedisi yang memang didukung ketika menggunakan voucher gratis ongkir. Kamu bisa pilih ketika akan checkout produk yang dibeli. Di sana ada pilihan apakah mau pakai reguler atau yang lainnya.

Harga ongkir biasanya juga tertera. Pilih saja yang ongkirnya gratis atau Rp0 ketika menggunakan voucher gratis ongkir.

2. Gunakan Metode Pembayaran yang Sesuai

Kalau voucher hanya bisa digunakan ketika kamu menggunakan Shopeepay, ya berarti pakai Shopeepay.

Sebaiknya isi dulu Shopeepay kamu sebelum berbelanja. Biasanya, promo gratis ongkir ini cuma bisa digunakan ketika kamu menggunakan Shopeepay saja. Tapi ada juga yang bisa gratis jika pilih COD sih.

3. Beli Produk Sesuai Promo

Kadang ada juga gratis ongkir hanya untuk kategori produk tertentu. Misalnya hanya untuk pakaian, elektronik, dan kategori lainnya.

Tapi kadang ada juga yang cuma bisa dipakai untuk toko yang sudah Star Seller, Shopee Mall, dll.

Jadi, pilih sesuai dengan ketentuan penggunaan voucher yang akan kamu pakai ya. Baca dulu ketentuannya biar lebih jelas.

4. Gunakan Sebelum Masa Berlaku Habis

Tentu saja memakai voucher yang ada sebelum masa berlakunya habis. Kalau sudah habis ya hilang deh kesempatan kamu mendapat gratis ongkir.

5. Masukkan Kode dengan Benar

Kalau pakai kode voucher, pastikan sudah benar memasukkan kode-nya. Kalau salah dan gagal ya ulangi lagi sampai benar, hehehe.

6. Penuhi Syarat Minimal

Kalau ada syarat minimal pembelian Rp30.000, maka penuhi belanjaan kamu sampai jadi 30 ribu. Beli aja produk di toko yang sama, yang murah-murah aja buat menggenapi nominal belanjaan kamu.

7. Jangan Aneh-aneh

Ini penting, jangan gunakan MOD atau apk bajakan buat belanja ya. Soalnya bahaya kalau sampai akun kamu kena Hack oleh hacker. Bisa hilang tuh akun dan datanya dimanfaatkan oleh orang yang nggak bertanggung jawab.

Cara Menggunakan Voucher Gratis Ongkir di Shopee

Berikut ini tutorial menggunaan voucher gratis Ongkir ketika kamu belanja di Shopee.

  1. Buka aplikasi Shopee (klik logo)
  2. Pilih produk yang akan dibeli
  3. Klik tombol Beli Sekarang
  4. Di halaman Checkout, klik Voucher Shopee
  5. Pilih voucher gratis ongkir yang tersedia, kemudian pilih OK
  6. Jika berhasil, ongkir akan otomatis dipotong sesuai promo
  7. Setelah itu klik Checkout
  8. Periksa kembali apakah ongkir sudah Rp0 atau belum
  9. Jika sudah, klik Buat Pesanan, lalu bayar deh

Mudah kan menggunakan voucher-nya. Kalau ada yang tanya cara mendapatkan gratis ongkir Shopee tanpa batas, kayaknya nggak ada yang kayak gitu deh.

Selalu ada masa promo gratis ongkir ini kok. Jadi nggak perlu takut kehabisan. Tinggal tunggu aja waktunya, seperti pas Pay Day, atau waktu tanggal dan bulan angkanya sama (1.1, 2.2, 3.3, dst.).

Terus, biasanya promo gini cuma bisa di handphone doang. Kadang kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan di laptop, padahal sudah diklaim. Akan muncul notifikasi “Voucher tidak dapat digunakan di perangkat ini”.

Penutup

Penyebab dan cara mengatasi kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan sudah ditulis lengkap di atas ya, untuk tahun 2021 2022. Nanti kalau ada update, ditulis lagi kok, tenang aja, hehehe.

Pertanyaan

Apakah kamu punya beberapa pertanyaan terkait kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan?

Apa penyebab voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan?

Ada beberapa alasan, seperti jasa pengiriman tidak didukung, pembayaran tidak sesuai, voucher tidak berlaku, voucher tidak sah, tida dapat digunakan di laptop, dll.

Bagaimana cara mendapatkan voucher gratis ongkir di Shopee?

Kamu bisa klaim voucher gratis ongkir di promo yang tersedia. Atau tunggu waktu promo gratis ongkir, biasanya Shopee akan memberikan notifikasi ke penggunanya.

Apakah voucher gratis ongkir Shopee ada setiap hari?

Voucher gratis ongkir tidak ada setiap hari. Hanya di waktu-waktu tertentu saja ada. Kamu bisa lihat di menu voucher saya untuk mengecek apakah ada voucher gratis ongkir atau tidak.

Berapa kali bisa menggunakan voucher gratis ongkir Shopee?

Voucher gratis ongkir hanya bisa digunakan satu kali. Tetapi, biasanya kita tidak hanya mendapatkan satu voucher saja.

Voucher gratis ongkir Shopee setiap tanggal berapa?

Biasanya ada di waktu pay day (tanggal 25 tiap bulan) atau waktu tanggal dan bulan angkanya sama (1 Januari, 2 Februari, 3 Maret, 4 April, 5 Mei, 6 Juni, dan bulan lainnya).

Kenapa voucher gratis ongkir pengguna baru Shopee tidak bisa digunakan?

Ada beberapa kemungkinan, masa berlaku voucher habis, toko tidak mendukung, ekspedisi tidak mendukung, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published.