perbedaan blog dan website

Perbedaan Blog dan Website Lengkap

Perbedaan blog dan website? Kelihatannya keduanya itu sama, ternyata ada bedanya lho.

Nah, untuk tahu beda antara website dan blog, kita samakan persepsi dulu nih. Sebenarnya, apa pengertian website dan blog. Biar nanti perbedaan yang ada itu jelas, hehehe.

Pengertian Blog dan Website

Blog dan website itu memiliki definisi yang berbeda.

Apa yang Dimaksud dengan Website?

Website atau biasa disingkat dengan web adalah kumpulan halaman online dalam sebuah domain yang saling berhubungan. Website juga biasanya dikelola oleh organisasi, perusahaan, pemerintah, institusi, inidividu atau perorangan.

Biasanya, istilah website ini digunakan untuk menyebut situs-situs yang bertebaran di internet. Sebagai contoh, website yang terkenal seperti google.com, facebook.com, atau instagram.com.

Apa itu Blog?

Blog adalah kependekan dari web log, bisa diartikan sebagai aktivitas yang dilakukan pada sebuah website. Biasanya, blog berisi konten opini, pengalaman, aktivitas, tips, dan yang mirip dengan hal-hal tersebut.

Dan, pada dasarnya, blog itu masuk ke dalam salah satu jenis website. Blog juga jenis yang paling populer, selain karena mudah digunakan, blog juga bisa dibuat dengan gratis.

Dari pengertian di atas, bisa disimpulkan kalau blog itu sebenarnya termasuk website. Tapi, tidak semua website itu blog.

Kalau sudah tahu definisi website dan blog, sekarang kita bisa membahas perbedaan keduanya nih.

Perbedaan Blog dan Website

letak perbedaan blog dan website
unsplash.com

Apa perbedaan blog dan website?

Ada beberapa perbedaan blog dan website, kita kelompokkan aja biar lebih gampang ya.

1. Pengelola

Blog biasanya dikelolal secara mandiri oleh pemiliknya. Itulah kenapa muncul istilah blogger yang merupakan pemilik sebuah blog. Karena berdasarkan kepemilikannya blog itu biasanya dimiliki satu orang.

Tapi, ada juga blog yang dikelola oleh beberapa penulis. Biasanya blog miliki perusahaan yang menyediakan kategori blog pada websitenya.

Kalau website beda lagi, biasanya dikelola oleh tim ahli atau perusahaan. Tim ahli ini terdiri dari developer, desainer, copywriter, dan tim lainnya.

2. Gaya Bahasa

Kalau dari segi bahasa konten, ada juga perbedaan blog dan website. Gaya bahasa yang digunakan pada blog itu variatif. Tidak ada batasan menggunakan gaya bahasa tertentu.

Ada yang menulis memakai gaya informal. Tapi, ada juga yang konten di blog-nya pakai bahasa formal. Itu sesuai selera orang yang mengelolanya aja sih.

Tapi, biasanya blog itu menggunakan kata ganti orang kedua seperti “kamu”, “lu”, atau yang lainnya. Tujuannya tuh biar lebih kelihatan personal aja gitu.

Jadi, ketika ada pembaca mengunjungi blog, mereka tidak merasa bosan membaca artikelnya.

Berbeda dengan website, biasanya akan menggunakan bahasa yang lebih profesional dan formal. Soalnya, konten di dalamnya itu memiliki tujuan yang formal.

Contohnya seperti website lembaga pendidikan (sekolah), instansi pemerintah, perusahaan, toko online atau organisasi.

3. Isi Konten

contoh blog dan website
unsplash.com

Apa perbedaan blog dan website selanjutnya?

Perbedaan lainnya adalah dari konten yang ada di dalam blog atau website.

Blog biasanya berisi catatan pribadi. Bisa tentang banyak hal, entah itu artikel, video atau suatu tema yang disukai pemilik blog.

Bisa dibilang, konten blog itu merupakan gambaran dari kepribadian pemiliknya. Misalnya saja konten tentang pengalaman pribadi, suatu peristiwa, atau aktivitas dari blogger-nya.

Tapi, ada juga blog yang kontennya khusus membahas satu tema saja. Misalnya saja traveling, otomotif, fashion, teknologi, masak-masak, atau parenting.

Kalau website, biasanya berisi konten informasi, baik itu tentang sebuah layanan atau produk.

Misalnya saja seperti website perusahaan. Di halaman depan, akan terdapat informasi tentang perusahaan tersebut.

Lalu, ada informasi lain seperti profil, visi dan misi, struktur organisasi, program, kontak yang bisa dihubungi, sampai layanan atau produk yang ditawarkan perusahaan tersebut.

Bahkan, website perusahaan juga biasanya menyertakan kategori atau laman khusus untuk blogging. Isinya bisa bermacam-macam, mulai dari informasi umum yang berkaitan dengan produknya, atau berita terbaru dari perusahaan itu.

4. Fitur Subscribe

Blog dan website biasanya memiliki fitur yang namanya subscribe atau langganan. Tapi, fungsi dari keduanya ternyata berbeda.

Pada sebuah blog, fungsi subscribe adalah untuk pemberitahuan update konten. Jadi, orang yang sudah subscribe akan dapat info konten terbaru dari blog kita.

Sementara itu, pada website, subscribe biasanya digunakan untuk mengirim newsletter. Isi newsletter ini bermacam-macam, bisa informasi tentang produk terbaru, layanan, atau promo yang diberikan perusahaan.

5. Konten Terbaru

Perbedaan blog dengan website berdasarkan update atau pembaruan adalah sebagi berikut.

Blog memiliki konten yang selalu ada update atau pembaruan rutin dan berkala. Biasanya, blogger memiliki jadwal kapan waktu update konten di blog-nya.

Beda dengan website, kontennya tidak selalu ada pembaruan. Atau, bisa dibilang kalau konten website itu sifatnya statis jika dibandingkan dengan blog.

Pengelolal website akan melakukan update kalau ada perubahan. Perubahan ini bisa pada layanan yang tersedia di perusahaan atau penambahan informasi dari sebuah produk.

6. Komunikasi

Bentuk komunikasi pada sebuah blog adalah dua arah. Terjadi antara pemilik blog dengan pengunjung. Hal ini membuat blog itu jadi lebih interaktif.

Tapi bagaimana cara komunikasinya?

Biasanya, di blog ada kolom komentar yang letaknya di bawah artikel. Kolom komentar ini yang memungkinkan pengunjung menanggapi konten yang di-post oleh seorang blogger.

Kalau website komunikasinya hanya satu arah, dari pemilik website ke pengunjung saja. Soalnya, di website biasanya tidak ada kolom komentar, pengunjung hanya menerima informasi saja.

7. Pemrograman

pemrograman website
unsplash.com

Blog itu dibuat biar mudah dikelola, terutama untuk orang awam. Kita cuma butuh pengetahuan tentang me-manage blog yang tidak sulit. Dan, blogger nggak harus punya kemampuan pemrograman.

Kalau website, biasanya dilengkapi dengan tools yang memungkinkan pengelola mendesain website sesuai keinginan. Pengaturan pada sebuah website butuh keahlian pemrograman, seperti PHP, HTML5, CSS, dan lainnya.

Tapi, sekarang ini udah banyak website builder yang memudahkan pengelola. Kita tinggal drag and drop untuk setting website. Bahkan, kita yang nggak punya skill coding juga masih bisa bikin website.

8. Pembagian Konten

Perbedan blog dan website dari segi daftar konten atau pembagian kontennya. Nah, kalau di blog, konten biasanya dibagi bedasar kategori dan tag.

Contohnya di kheefa.com ini, ada beberapa kategori seperti Aplikasi, Desain, Game, Internet, PC, dan lainnya.

Kalau website, pembagian kontennya biasanya berdasarkan produk atau layanan yang ditawarkan. Misalnya saja website perusahaan makanan, akan ada kategori Makan Berat, Snack, Minuman, dan lainnya.

9. Tampilan

Ternyata ada juga perbedaan blog dan website berdasarkan tampilannya lho.

Blog biasanya menggunakan template bawaan dari platform penyedia blog. Template yang digunakan pun biasanya yang gratisan. Tapi, ada juga yang menggunakan templat berbayar agar tampilan lebih bagus lagi.

Berbeda dengan website, biasanya memiliki tampilan lebih bagus. Dan, tampilannya akan berbeda dengan website lainnya. Soalnya, template website dibuat oleh pemilih website dan disesuaikan dengan kebutuhan dan selera.

10. Kemudahan

jelaskan perbedaan blog dan website saat digunakan untuk kebutuhan promosi usaha
unsplash.com

Untuk kemudahannya, blog tentu lebih mudah dibuat daripada website. Membuat blog cukup dengan daftar dan langsung bisa digunakan, gratis. Fitur-fiturnya juga sangat mudah bahkan untuk pemula.

Sementara itu, website lebih kompleks lagi dan cukup sulit untuk pemula. Soalnya ada beberapa hal yang harus disiapkan. Misalnya domain, hosting, script yang akan diunggah ke hosting, FTP, dan lainnya.

Bagi seorang pemula, tentu hal tersebut cukup membingungkan. Ada istilah-istilah yang tidak umum digunakan.

Baca Juga: Bikin Tampilan Website Kamu Jadi Lebih Menarik

Penutup

Gimana? Udah tahu bedanya antara website dan blog kan?

Semoga penjelasan di atas cukup mudah dipahami ya. Walaupun tidak secara singkat dijelaskan, hehehe.

Pertanyaan

Kamu punya pertanyaan? Mungkin di bawah ini sama seperti apa yang ditanyakan di bawah ini.

Apa perbedaan web blog dan website?

Perbedaannya ada pada pengelola, gaya bahasa, isi konten, subscribe, update, komunikasi, dan lainnya.

Apa itu blog dan website?

Website adalah kumpulan halaman online dalam sebuah domain yang saling berhubungan. Sedangkan blog merupakan singkatan dari web blog yang merupakan aktivitas yang dilakukan pada sebuah website.

Apa perbedaan wiki dan blog?

Wiki dan blog termasuk dalam website. Wiki adalah kumpulan halaman yang berupa jawaban sebuah topik yang sulit ditemukan jawabannya. Tapi, secara umum, wiki dan blog itu tidak berbeda, hanya di isi kontennya saja.

Apa beda artikel dan blog?

Artikel merupakan konten yang ada di dalam sebuah blog.

Bagaimana cara membuat website?

Cara membuat website yang mudah adalah kita menyediakan domain, hosting, dan content management system (CMS). Kemudian install CMS di dalam hosting dan hubungkan dengan domain.

Bagaimana cara membuat blog?

Membuat blog cukup mudah, kamu bisa mendaftarkan akun di wordpress, blogspot, wix, weebly, dan lainnya. Lalu tinggal buat blog sesuai dengan keinginanmu.

Leave a Comment!