aplikasi edit audio pc

Aplikasi Edit Audio PC

Aplikasi edit audio PC sebenarnya ada banyak banget. Dari yang mulai gratis sampai berbayar dan harus langganan tiap bulan.

Tentu aplikasi yang berbayar punya fitur lebih banyak. Tapi, software audio editor yang gratisan juga nggak kalah kemampuannya lho.

Buat kita yang awam dan pemula, sepertinya belajar pakai yang gratisan dulu aja deh. Jangan coba-coba pakai bajakan ya, mending pakai yang open source aja.

Belajar edit audio ini nggak ada salahnya kok, sekarang banyak yang butuh juga. Mulai dari edit podcast, memotong audio rekaman tertentu, menambahkan efek pada soundtrack video, dan lainnya.

Atau, bisa juga buat digunakan untuk keperluan pribadi kamu. Kan siapa tahu kamu mau jadi youtuber dan belajar dikit-dikit buat edit audio sendiri. Hehehe.

Aplikasi Edit Audio PC Gratis

aplikasi edit audio pc
unsplash.com

Terus, apa saja nih aplikasi yang bisa digunakan?

Berikut ini ada beberapa aplikasi untuk mengedit musik atau audio di PC dan laptop.

1. Audacity

audacity
audacityteam.org

Aplikasi edit audio PC gratis satu ini mungkin salah satu yang terbaik. Audacity ini tersedia untuk Windows, Linux, dan macOS.

Walaupun gratis, Audacity ini nggak kalah lho sama yang berbayar. Fitur yang ada di dalam software ini lengkap. Bahkan, mirip-mirip sama aplikasi yang mengharuskan kita berlangganan.

Selain itu, aplikasi ini juga rutin melakukan pembaruan atau update lho. Jadi, tentu akan ada fitur baru atau penyesuaian yang bisa membuat kinerjanya lebih mantab lagi.

Fungsi dari Audacity adalah untuk mengedit audio. Misalnya seperti perekaman suara agar lebih jernih, menambahkan efek, sampai bikin podcast yang bisa langsung di posting ke platform tertentu.

Di Audacity juga tersedia banyak suara dan plugin keren yang memudahkan pengeditan suara. Eksport file ke berbagai macam format juga bisa dilakukan pakai aplikasi ini lho.

2. Ocenaudio

oncenaudio
ocenaudio.com

Ada lagi nih aplikasi untuk editing audio gratis yang menarik untuk dicoba, Ocenaudio. Software ini punya user interface (UI) yang lebih asik kalau dibandingin dengan Audacity lho.

Tampilan dari Ocenaudio ini tuh lebih segar dan terlihat bersih. UI-nya juga terasa enak dan penuh warna. Aplikasi ini juga bisa digunakan di Windows, macOS, dan Linux.

Kelebihan dari aplikasi satu ini adalah kemampuannya untuk melihat atau pratinjau efek secara langsung. Tentu ini sebuah kabar baik, kau jadi tidak harus memodifikasi file audio asli secara destruktif.

Nggak cuma itu saja lho, kamu juga bisa mengedit file audio yang tersimpan di cloud ataupun PC. Waktu mengedit tentu jadi lebih cepat dan saat pengeditan, kamu bisa langsung mendengar perbedaannya.

Seperti software lainnya, untuk memudahkan menggunakan aplikasi ini, kamu lebih baik menghafal shortcut pada keyboard. Hal ini akan memudahkan dan mempercepat dalam mengedit.

3. Audiotool

audiotool
audiotool.com

Kalau kamu mencari aplikasi edit audio PC online, Audiotool bisa jadi jawabannya. Sebuah platform online yang gratis, bisa membuat dan meluncurkan trek audio-mu sendiri.

Dengan Audiotool, kamu nggak perlu download software installation-nya. Tinggal daftar akun di website-nya, gratis kok, terus langsung bisa digunakan. Tapi sepertinya aplikasi online ini hanya bisa diakses pakai Chrome aja deh.

Menggunakan Audiotool, kamu bisa merekam suara selama 30 detik. Rekaman tersebut kemudian bisa diedit dan dikombinasikan dengan efek instrumen digital yang sudah ada di Audiotool.

Atau, kamu juga bisa mengedit trek audio, misalnya menambah filter atau efek yang berbeda-beda. Kam juga bisa mengontrol perkembangan audio yang sedang diedit secara langsung.

Untuk tampilannya, Audiotool ini cukup mudah digunakan. Cocok buat yang masih pemula dan ingin belajar edit suara tapi secara online.

4. Studio One Prime

studio one prime
presonusmusic.com

Pernah dengar perusahaan bernama PreSonus? Sebuauh perusahaan piranti audio yang salah satu produknya adalah Studio One. Nah, software Studio One ini merupakan produk berbayar sebenarnya, tapi ternyata perusahaan ini keluarin juga versi gratis.

Nama software gratisnya adalah Studio One Prime. Aplikasi untuk mengedit suara ini punya banyak fitur keren. Mulai dari perekaman multi-track, virtual instrument, sampai FX channel.

Karena Studio One Prime ini versi gratisan, maka fiturnya tentu nggak selengkap versi berbayar. Tapi, buat yang pengen nyobain sensasi editing audio pakai keluarga Studio One, bisa banget cobain aplikasi ini.

Setelah kamu terbiasa dan lancar menggunakan Studio One Prime, bisa coba beralih ke versi berbayar, ada Studio One Artist atau Studio One Professional. Dan, nikmati kemudahan dengan berbagai macam fitur yang tersedia.

Aplikasi Audio Editing Berbayar

Kalau tadi sudah ada aplikasi offline dan online yang free, sekarang kita lihat beberapa software berbayar ya.

1. Adobe Audition

adobe audition
adobe.com

Siapa sih yang kenal sama Adobe, bukan hanya software buat edit foto atau video saja ternyata, perusahaan ini juga mengeluarkan aplikasi edit suara.

Adobe Audition ini tentu tingkatannya berbeda dari yang gratisan ya, hehehe. Banyak fitur canggih yang bikin kamu layaknya seorang PRO.

Menggunakan Adobe Audition tentu tidak gratis, kamu harus berlangganan dulu, bisa bulanan atau langsung setahun. Tapi, ada harga ada rupa, kualitas software ini emang bagus sih.

Dan, biasanya akan ada update tiap tahun untuk memperbarui fitur dan kompatibilitas dengan Windows serta macOS.

Buat yang masih belajar, pakai Adobe Audition ini nggak ada salahnya. Kamu bisa mencoba versi trial terlebih dahulu. Lumayan tuh cobain trial buat belajar, 7 hari sepertinya cukup.

Baru kalau ternyata nyaman dan enak pakainya, kamu bisa coba langganan aplikasi ini.

Kelebihan Adobe Audition lainnya adalah kamu bisa langsung terhubung dengan Creative Cloud. Ini sangat membantu ketika kamu juga melakukan pengeditan video menggunakan Adobe Premier Pro.

2. Reaper

reaper
reaper.fm

Aplikasi berbayar selanjutnya adalah Raper. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan dengan harag $225 untuk commercial license dan $60 untuk discounted license.

Harga tersebut sepertinya udah murah banget sih kalau buat sofware editing audio. Kalau dibandingkan sama Adobe, tentu akan lebih murah ini, hehehe.

Reaper ini punya berbagai macam fitur, salah satunya adalah pengeditan secara multi-track. Selain itu, ada juga fitur perekaman suara dan MIDI.

Aplikasi audio editing ini juga menyediakan perangkat untuk processing, mixing, dan mastering audio. Bukan cuma itu aja, tapi juga mendukung berbagai macam hardware, format, dan plugin untuk OS 32-bit dan 64-bit.

Untuka pemula, aplikasi ini cocok banget, karena menggunakan UI yang cukup sederhana. Terdapat juga ribuan plugin dan efek suara untuk mempermudah kamu mengedit audio.

3. Fruity Loop

Buat yang sering edit-edit adio, atau minimal ada ketertarikan buat editing audio, mungkin nggak asing lagi sama aplikasi yang satu ini, FL Studio atau Fruity Loop.

Aplikasi ini seringkali digunakan oleh musisi elektronik untuk bikin musik. Apalagi, aplikasi edit audio PC ini punya banyak plugin. Tentu akan sangat memudahakan dalam membuat sebuah musik.

Kalau kamu pengen berlatih dengan aplikasi ini, coba pakai versi trial-nya. Atau, bisa juga coba versi mobile, tersedia untuk android dan iOS kok.

Belajar Edit Audio dengan Audacity

Kalau kamu penasaran gimana sih proses perekaman dan mengedit pakai Audacity, coba tonton video di bawah ini. Ada tutorial cara mengedit audio biar lebih enak seperti seorang voice over.

Baca Juga: Tutorial Memotong Lagu Menggunakan Aplikasi Kinemaster

Penutup

Semoga artikel tentang aplikasi edit audio pc dan komputer ini membantu ya. Kalau disuruh milih, kamu akan mencoba software editing audio yang mana?

Saya sih coba yang gratisan dulu, mungkin Audacity atau Ocenaudio. Soalnya, kedua aplikasi ini udah terkenal sih, dan banyak digunakan. 🙂

Leave a Comment!