aplikasi untuk akuntansi

Software untuk Akuntansi

Software untuk akuntansi sebuah perusahaan besar tentu yang terbaik. Program akuntansi komputer yang akan membantu pembukuan laporan keuangan.

Dengan berkembangnya teknologi, menggunakan software akuntansi tentu akan sangat membantu. Perusahaan jadi lebih mudah dalam melakukan perhitungan dan pembukuan. Tentu dengan hasil yang lebih akurat, tepat, dan cepat.

Kalau untuk perusahaan, harga program akuntansi tentu tidak jadi masalah. Tapi, bagaimana dengan UKM atau UMKM yang dananya minim? Tentu harus mencari aplikasi akuntansi yang murah atau mungkin gratis.

Sekarang, kita akan membahas beberapa rekomendasi software untuk akuntansi. Berbeda software tentu akan beda juga fitur, manfaat, UI/UX, dan harganya. Semoga, ada aplikasi yang gratis dan cukup bagus untuk digunakan ya.

Software untuk Akuntansi Terbaik

Software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan itu apa saja? Nah, kamu bisa melihat beberapa rekomendasi di bawah ini.

Zahir

Aplikasi Zahir Accounting mungkin menjadi aplikasi terbaik di Indonesia dan paling banyak digunakan. Sudah banyak pernghargaan yang dimenangkan oleh aplikasi ini.

Software akuntansi Zahir dapat mempermudah dalam rekap penjualan, pembelian, pelaporan keuangan, ketersediaan barang, dan lainnya.

Kamu akan mendapatkan berbagai fitur tergantung dari paket mana yang dipilih. Soalnya, harga software Zahir Accounting ini berbeda-beda.

Jadi, kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan saja. Kalau untuk pencatatan sederhana, ada paket Simply yang harganya Rp108.900/ bulan. Atau buat yang punya toko, ada Zahir Tokoku dengan harga 99 ribu per bulan.

Kamu bisa langsung ke website resminya dan melihat harga paketnya. Lalu, tentukan sendiri kebutuhanmu itu apa saja dan pilih paketnya. Tentu disesuaikan dengan budget yang ada ya.

Mau aplikasi Zahir gratis?

Kalau yang gratis sih nggak ada ya. Tapi, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi ini dulu untuk mengetahui fitur-fitunya. Kalau memang tertarik, bisa langsung langganan deh.

Accurate

Accurate aplikasi akuntansi yang recommended buat kamu. Software akuntansi Accurate ini cukup banyak digunakan di Indonesia. Dengan berbagai fitur yang dimilikinya, tentu akan banyak yang tertarik.

Fitur yang ada pada sotfware ini pun banyak. Ada fitur untuk pembelian, penjulana, inventory, kas, aktiva tetap, dan fitur lainnya.

Saat ini aplikasi Accurate Accounting tersedia dalam 2 platform. Ada Accurate Desktop dan Accurate Online. Kamu bisa memilih, ingin menggunakan yang mana.

Program akuntansi Accurate Desktop cocok digunakan oleh perusahaan yang hanya punya 1 kantor usaha dan seluruh kegiatan perusahaan dilakukan di kantor itu.

Sedangkan untuk Accurate Online, sistem akuntansi Accurate ini lebih cocok untuk perusahaan yang punya beberapa cabang. Atau, untuk pemimpin perusahaan yang ingin memantau aktivitas perusahaan dimanapun dan kapanpun.

SAP

Software SAP akuntansi adalah aplikasi Enterprise Resources Planning (ERP). Sebuah tools IT dan manajemen yang digunakan merencanakan dan mengelola kegiatan operasional perusahaan agar lebih efektif dan efisien.

Aplikasi ini asalnya dari Jerman dan sudah ada ratusan ribu pengguna yang tersebar di seluruh dunia.

Software akuntansi SAP menawarkan program berbasis cloud untuk perusahaan di Indonesia. Aplikasi ini punya fitur unggulan yang namanya adalah SAP S/4 HANA.

Fitur tersebut fungsinya untuk membuat laporan secara real time, financial planner, manajamen hutan piutang, kredit, budget manajemen, dan lainnya.

Selain itu, software ini bisa terintegrasi dengan aplikasi human resource seperti SAPSuccess Factors. Jadi, program ini cocoknya digunakan untuk perusahaan berskala besar.

Kalau untuk UMKM atau perusahaan kelas menengah ke bawah kurang cocok.

MYOB

Aplikasi keuangan perusahaan selanjutnya adalah software MYOB. Aplikasi untuk akuntansi ini termasuk dalam program komputer terbaik.

MYOB ini berasal dari Australia dan sampai sekarang sudah tersebar ke berbagai negara termasuk Indonesia. Sebelum adanya Zahir dan Accurate, MYOB ini sudah ada lebih dahulu.

Bahkan, aplikasi MYOB ini juga digunakan di labolatorium akuntansi beberapa kampus terkemuka lho. Tapi, mungkin karena buatan luar negeri, banyak yang beralih ke software akuntansi selain MYOB, yang buatan dalam negeri.

Perusahan banyak yang beralih karena ingin program yang cepat dalam merespon perubahan peraturan akuntasi dan juga pajak di Indonesia. Jadi, aplikasi buatan Indonesia tentu akan jadi pilihan.

Omegasoft

Cari aplikasi laporan keuangan untuk kasir dan akuntansi? Kamu bisa mencoba Omegasoft, sebuah software untuk akuntansi yang dapat membantu bisnis kamu.

Ada berbagai fitur dalam aplikasi komputer akuntasi ini. Mulai dari manajemen persediaan untuk analisis data, manajemen pelanggan, data penjualan, sampai accounting & e-faktur.

Omegasoft cocok digunakan sebagai aplikasi catatan keuangan usaha pada kategori makanan dan minuman. Jadi, para pemilik restoran, cafe, rumah makan, resto, dan usaha lainnya, bisa gunakan ini.

Selain untuk usaha makanan, aplikasi ini juga berfungsi sebagai software bisnis kategori penujualan seperti supermarket, minimarket, dan lainnya.

Software Akuntansi Gratis

software untuk akuntansi
unsplash.com

Apakah kamu mencari aplikasi akuntansi gratis untuk pembukuan keuangan yang bisa digunakan di android?

Tenang, ternyata ada juga kok aplikasi berbasis android atau web version yang gratis. Berikut ini software laporan keuangan gratis full version.

Wave

Software accounting gratis yang pertama adalah Wave Accounting. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk pencatatan laporan keuangan, mengirim invoice, sampai bikin kwitansi online.

Saat ini, sudah ada ratusan ribu orang yang menggunakan aplikasi ini. Walaupun gratis, tapi fungsi dan fiturnya cukup lengkap kok.

Tapi, kalau ingin pakai semua fiturnya, kamu harus upgrade dulu ke versi berbayar. Fitur yang nggak ada di versi gratis itu seperti payroll dan pembayaran.

Zipbooks

Aplikasi gratis untuk akuntansi selanjutnya adalah Zipbooks. Dan, software ini ternyata banyak digunakan pekerja lepas atau freelancers. Dengan memanfaatkan yang gratisan sudah cukup kok pakai aplikasi ini.

Tapi, kalau ingin menikmati fitur seperti payroll dan pembayaran online, kamu harus upgrade ke yang berbayar. Pilih saja paket sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

Tips Memilih Software Akuntansi

Untuk yang sedang menimbang-nimbang akan menggunakan aplikasi untuk akuntansi yang mana. Ada sedikit tips untuk kamu nih, semoga dapat berguna.

1. Apa Jenis Bisnis Kamu

Perlu banget mengetahuia apa jenis bisnis atau perusahaan yang baru kamu jalankan. Apakah bisnis jasa, perusahaan dagang, manufaktur, kontraktor, developer perumahan, restoran, CV, travel agent & tour, firma, UMKM, atau yang lainnya.

Kamu harus tahu jenis itu dulu, dan kepemilikan usahanya. Soalnya, ada beberapa kebutuhan akuntansi yang berbeda untuk setiap jenis bisnis yang dijalankan.

2. Nilai Kemampuan Tim

Mengetahui kemampuan tim dalam menggunakan aplikasi keuangan itu penting. Kalau seorang akuntan di tim tidak bisa mengoperasikan aplikasi akuntansi dengan baik jadinya malah rugi.

Tapi tenang, biasanya penyedia software untuk akuntansi akan memberikan modul atau pelatihan pada penggunanya kok. Jadi, akuntan di perusahaan bisa dilatih agar terbiasa pakai aplikasinya.

3. Memiliki Fitur Integrasi

Kalau kamu membutuhkan software untuk akuntansi yang bisa diintegrasikan antara divisi produksi, inventory, purchasing, penggajian, perpajakan, dan lainnya, maka hal ini perlu jadi alasan memilih program.

Satu software untuk bisa digunakan di beberapa divisi tentu akan sangat hemat. Sehingga, perusahaan tidak perlu menggunakan software yang berbeda-beda untuk tiap divisi.

4. Kemudahan Akses

User interface dan user experience tiap software tentu berbeda. Kamu harus bisa memilih aplikasi mana yang memberikan kemudahan dalam penggunaannya.

Apakah software tersebut dapat digunakan dengan mudah dan lancar berjalan. Apakah aplikasinya juga bisa digunakan walaupun seseorang yang mengoperasikannya tidak ada basic akuntan sama sekali.

5. Keamanan Data

Keamanan data ini penting sekali, apalagi menyangkut sebuah perusahaan. Tanyakan apakah keamanan dari aplikasi yang akan kamu gunakan teruji atau tidak.

Apakah data yang akan kamu masukkan ke aplikasi tersebut aman dari pembobolan secara offline atau online.

6. Fitur Back Up

Pilihlah software untuk akuntansi yang memiliki fitur back up. Soalnya, laporan keuangan biasanya lebih sering diakses menggunakan Microsoft Excel. Jadi, ada baiknya kalau memilih aplikasi yang ada fitur export dan import dari file Excel.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi untuk Jualan Online

Penutup

Itu tadi beberapa contoh software akuntansi yang bisa kamu gunakan. Program akuntansi di atas bisa kamu kulit lagi untuk menentukan akan menggunakan yang mana. Tentu saja sesuaikan dengan biaya yang kamu sediakan ya.

Kalau kamu ada software pembukuan untuk toko, perusahaan, pembuatan laporan keuangan yang bisa import data dari Excel juga, tulis di kolom komentar ya.

Jika ada yang gratis juga lumayan tuh. Koperasi, usaha mahasiswa, UMKM, bisnis nirlaba, atau untuk pribadi pasti senang.

FAQ

Punya pertanyaan yang sama seperti di bawah ini?

Berapa harga software akuntansi?Software akuntansi ada apa aja?

Zahir, MYOB, Accurate, Omegasoft, SAP, dan lainnya.

Manahakan software akuntansi yang berasal dari Indonesia?

Zahir dan Accurate berasal dari Indonesia.

Berapa harga software akuntansi?

Setiap software punya harga yang berbeda-beda. Ada yang mulai dari ratusan ribu sampai jutaan tiap bulan. Kamu bisa memilih aplikasi sesuai dengan biaya yang sudah dianggarkan.

Selain MYOB apa saja aplikasi yang mengatur data keuangan perusahaan?

Selain MYOB ada aplikasi lain seperti Zahir, Accurate, SAP, dan beberapa aplikasi lainnya.

Leave a Comment!