cara desain kaos di coreldraws

Cara Desain Kaos di CorelDraw

Cara desain kaos di CorelDraw bisa kamu lakukan dengan mudah. Desain yang bisa dibuat juga beragam. Mulai dari kaos lengan pendek, lengan panjang, distro, polo, baju bola, dan lainnya.

Bikin pola atau template kaos di CorelDraw juga bisa dilakukan lho. Asalkan kamu tahu tools dan fitur software untuk desain ini.

Nah, sekarang, kamu pengen bikin desain pola kaos atau tulisan yang ada di kaos nih?

Itu dua hal yang berbeda lho.

Daripada bingung, saya buatkan dua tutorial sekaligus aja ya biar enak. Jadi kamu bisa mempelajari keduanya di artikel ini.

Cara Desain Kaos di CorelDraw

cara desain kaos di coreldraw

Tutorial pertama, cara desain kaos di Coreldraw ini bisa kamu ikuti langkah-langkahnya ya. Desain ini bisa digunakan untuk pola atau template kaos ya.

Desain ini yang biasanya digunakan untuk model kaos yang akan dibuat. Misalnya saja kaos lengan panjang, kaos polo, baju bola, kaos berkerah, dan jenis baju lainnya.

Nanti, desain logo, tulisan, atau desain lainnya diletakkan di atas template kaos ini.

Bagaimana cara membuatnya? Simak tutorialnya berikut ini.

1. Buat Dokumen CorelDraw Baru

buat dokumen baru di coreldraw

Pertama, buka terlebih dahulu program CorelDraw di laptop atau komputer kamu. Bisa versi berapa aja, X4, X5, X6, X7, 2018, 2019, ataupun 2020. Semuanya mirip kok.

Setelah terbuka software-nya, lalu buat dokumen baru.

Klik menu File > New.

Atau bisa juga kombinasi tombol Ctrl + N di keyboard.

2. Tambahkan Gambar Kaos

Kita akan memanfaatkan gambar kaos asli yang sudah jadi untuk membuat desain kaos ini.

Kenapa pakai gambar kaos asli segala? Biar lebih mudah aja sih, kalau nggak mau pakai itu juga bisa. Tapi, kita harus membuat sendiri ukuran dan perbandingan antara panjang dan tingginya.

Untuk gambar kaosnya, saya mengambil di pixabay.com ya. Kamu bisa cari-cari juga gambar lainnya kok. Gunakan yang ukuran gambarnya besar ya, biar enak nanti desainnya.

Tambahkan gambar dengan cara menarik gambar dari file explorer ke CorelDraw. Atau bisa juga gunakan File > Import > Pilih File Gambar > Import > Klik kiri pada mouse.

Kamu bisa zoom in dan zoom out menggunakan tombol scroll di mouse. Atau bisa juga memilih Zoom tool di bagian kiri program.

3. Trace Gambar Kaos

Setelah gambar kaos ditambahkan, saatnya untuk trace kaosnya, atau bahasa Jawa-nya ngeblat.

bezier tool corel draw

Kita akan menggunakan Bezier Tool untuk mendesain gambar kaos ini. Pilih Bezier Tool, lalu setelah itu ikuti bentuk kaosnya. Kamu bisa mulai dari titik mana saja kok.

Ketika titik terakhir bertemu, pastikan mempertemukan titik awal dan akhir ya, biar bentuk garis jadi kurva.

Setelah itu, kamu bisa mengedit garis menggunakan Shape Tool. Fungsi tool ini adalah untuk membuat garis bisa dilengkungkan.

Pilih Shape Tool > Klik garis > pilih titik yang akan dilengkungkan > Pilih Convert to curve > geser garis bertanda panah mengikuti bentuk kaos.

4. Buat Bayangan

Setelah bentuk kaos jadi, kamu bisa menambahkan efek bayangan. Di sini, kita juga akan menggunakan Bezier Tool dan Shape Tool. Lakukan saja seperti ketika kita menjiplak bentuk kaos tadi.

5. Warnai Desain Kaos

Langkah terakhir adalah memberikan warna pada desain yang sudah dibuat.

Pertama, klik garis berbentuk kaos yang sudah kamu buat. Lalu, pilih warna yang diinginkan pada palet warna yang ada.

Lakukan pewarnaan juga pada bayangan dengan menggunakan warna yang lebih tua dari warna kaos.

Setelah semua diwarnai, pilih semua gambar, lalu hilangkan warna garis dengan memilih gambar garis miring di palet warna. Caranya, tinggal klik kanan saja garis miring di palet warna tersebut.

5. Save File

Kalau semuanya sudah jadi, tinggal save file-nya. Bisa langsung kombinasi CTRL+S, atau klik menu File > Save.

Kamu juga bisa export jadi gambar dengan format PNG, JPG, dan lainnya. Pilih File > Export > pilih jenis file yang akan kamu gunakan > klik Export.

Cukup kan? Cara desain kaos lengan panjang di CorelDraw caranya juga sama kok. Tinggal cari saja gambar kaos lengan panjangnya dan ikuti tutorial di atas.

Cara Membuat Desain Tulisan Kaos di CorelDraw

Cara desain kaos di Coreldraw selanjutnya adalah membuat tulisan. Cara membuat tulisan ini sebenarnya mirip dengan kira membuat desain kaos tadi, bedanya cuma tulisan yang ditambahkan aja.

Gimana caraya?

Simak tutorial di bawah ini ya.

1. Buat Dokumen Baru

buat dokumen baru di coreldraw

Bikin dokumen baru, bisa dengan klik menu File > New.

2. Buat Desain Tulisan

Nah, kalau desain tulisan ini sesuai dengan kreatifitas kamu aja ya. Saya akan membuat desain kheefa.com sebagai contoh.

text di coreldraw

Setelah masuk dokumen baru, klik Text, ikon huruf A yang ada di sebelah kiri.

Kalau sudah, klik kiri sekali di lembar kerja. Lalu ketikkan huruf atau tulisan yang akan dibuat.

Kemudian, kamu bisa edit-edit sesuai dengan kreatifitas sendiri.

3. Gabungkan dengan Desain Kaos

Kalau sudah jadi desain tulisan kaosnya, kamu bisa meng-copy tulisan tersebut ke desain kaos sebelumnya. Buka saja file deasain kaos yang sebelumnya. Lalu copy tulisan yang baru dibuat, dan paste di desain kaos.

Ganti warna sesuai dengan yang kamu inginkan.

4. Save dan Export

Kalau sudah selesai semua, tinggal save lagi file desainnya. Bisa juga di-export jadi gambar JPG atau PNG.

Nah, tulisan ini sebenarnya bisa dibuat dengan gambar lainnya lho. Kamu bisa menambahkan bentuk lain. Seperti kotak, lingkaran, atau kurva, sesuaikan dengan imajinasi kamu.

Untuk membuat kaos distro juga bisa banget. Kan banyak tuh kaos distro yang cuma tulisan aja desainnya.

Baca Juga: Desain Logo Menggunakan Photoshop

Penutup

Udah dulu ya cara desain kaos di CorelDraw. Terlihat sangat mudah kan bikin desain kaos di CorelDraw ini? Kalau ada pertanyaan, langsung tulis aja di kolom komentar ya.

Leave a Comment!