cara membuat logo dengan photoshop

Cara Membuat Logo dengan Photoshop

Cara membuat logo dengan Photoshop untuk pemula itu gimana sih?

Mungkin ada dari kalian yang bertanya seperti itu. Kan biasanya logo itu kalau nggak dibuat pakai Adobe Illustrator, CorelDraw, Inkscape, ya software desain berbasis vector lainnya.

Eits, nggak mesti kok bikin logo itu pakai vector. Kamu juga bisa buat logo berbasis pixel, atau biasanya dikenal dengan vexel.

Logo yang dibuat menggunakan Photoshop dengan yang berbasis vector itu berbeda lho. Kalau vector, kamu bisa memperbesar gambarnya tanpa pecah. Sedangkan kalau menggunakan Photoshop, jika gambar diperbesar, maka logo jadi pecah.

Nah, sebelum memulai bikin logo, kita simak beberapa hal berikut ini yuk.

Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti sebelum membuat logo menggunakan Photoshop.

1. Tujuan Pembuatan Logo untuk Apa

Sebelum membuat logo, kamu harus tahu dulu nih logo ini dibuat untuk apa. Apakah untuk sebuah produk, instansi, perusahaan, atau hal lainnya. Dengan mengetahui tujuan pembuatan logo, kamu bisa menentukan style logo yang akan dibuat.

2. Buat Logo yang Mudah Diingat dan Unik

Seperti kebanyakan logo dari brand terkenal, mereka itu unik dan kamu pasti sudah bisa menebak siapa mereka hanya dari logonya saja.

Gimana bikin logo kayak gitu?

Logo itu harus sederhana, jangan buat logo yang rumit, nanti malah susah buat diaplikasikan di segala bidang. Logo sederhana juga membuatnya jadi mudah diingat dan dikenal kok.

Logo itu harus yang bisa tahan lama. Maksudnya gimana tuh? Maksudnya, jangan sampai baru berapa bulan, kamu udah kepikiran buat ganti logo, itu nggak efektif. Buat logo yang minimal bisa bertahan 10 tahunan.

Logo itu harus bisa digunakan di berbagai bidang. Ya, logo kamu itu harus bisa diaplikasikan dalam berbagai media, baik itu bentuk dan warnanya. Maka dari itu, sebaiknya kalau bikin logo, kamu buat yang sewarna aja ya.

Logo itu harus sesuai, digunakan untuk apa. Membuat logo untuk anak-anak tentu menggunakan font dan warna yang ceria. Jadi, selalu sesuaikan logo dengan kegunaannya ya.

3. Tentukan Tipe Logo

Kamu harus menentukan, ingin membuat logo seperti apa. Apakah logogram yang hanya menggunakan simbol, atau logotype yang menggunakan tulisan.

4. Belajar Software Design

Terakhir, kamu harus mempelajari berbagai software design untuk membuat logo. Umumnya, logo dibuat menggunakan software berbasis vector, bisa CorelDraw atau Adobe Illustrator.

Kalau mau yang agak murah, kamu bisa mencoba menggunakan Affinity Designer. Aplikasi ini cukup mudah digunakan dan yang pasti harganya murah. Tapi, kalau kamu mau cari yang gratis, bisa gunakan Inkscape.

Tapi, karena sekarang kita mau bikin logo dengan Photoshop, maka kamu juga harus mempelajari aplikasi ini ya, hehehe.

Setelah belajar sedikit tentang logo, sekarang kita akan mempersiapkan pembuatan logo ini.

1. Rancang Logo

Sebelum memulai menggunakan Photoshop, rancang terlebih dahulu logo yang akan dibuat. Mulai dari akan membuat logo seperti apa, research logo-logo yang sudah ada, brainstorming, dan lainnya.

2. Buat Sketsa

Setelah kamu tahu gambaran logonya, buatlah sketsa di kertas terlebih dahulu. Kalu bisa, kamu buat beberapa sketsa logo yang akan dibuat ya. Sketsa ini penting, apalagi untuk pemula, sketsa dibutuhkan agar kamu nggak kebingunan ketika sudah di depan komputer.

Menggunakan sketsa juga akan mempermudah kamu ketika membuat logo di Photoshop. Tinggal ikuti aja sketsa yang sudah ada, nggak perlu menerawang lagi bentuk logonya seperti apa.

Alurnya bikin logo itu gini.

Merangcang logo secara singkat > research & brainstorming > sketsa awal > prototype dan konsep > review sudah sesuai atau belum > revisi bila perlu > finishing

Cara Membuat Logo dengan Photoshop

Nah, kali ini kita akan mengikuti cara membuat logo dengan Photoshop dengan step by step ya. Ikuti langkah-langkah di bawah ini biar logo yang kamu buat jadi keren dan mantab.

1. Buat Sketsa

Sketsa sebagai salah satu cara membaut logo dengan Photoshop
Maaf ya kalau gambarnya jelek, hehehe

Pertama, buat sketsa terlebih dahulu menggunakan kertas. Kamu bisa pakai kertas apa aja ya, mau HVS kertas buku, atau kertas lainnya. Yang penting kertasnya bersih dan bisa digunakan aja pokoknya.

Bikin sketsanya jangan cuma satu ya, bikin beberapa sekalian aja. Nah, buat contoh ini, saya bikin satu aja dulu ya, hehehe.

2. Foto Sketsanya

Setelah sketsa jadi, foto menggunakan HP ya. Handphone juga nggak perlu yang bagus-bagus kok, yang penting fotonya kelihatan jelas aja. Kalau kamera HP kurang bagus, fotonya di tempat yang terang ya.

3. Pindahkan Foto ke Komputer

Kalau sudah mendapat gambar yang bagus, pindahkan ke laptop atau komputer.

Mindahinnya gimana? Gampang, kamu cari aja artikel cara memindahkan foto dari HP ke laptop di kheefa.com ya tentunya, hehehe.

4. Buka Photoshop dan Buat Dokumen

Kemudian kamu buka Photoshop dan buat dokumen baru. Ukuran dokumen ini sebisa mungkin yang besar ya. Kalau bisa minimal 2000px lah, biar nggak pecah kalau mau dicetak besar.

5. Masukkan Foto Sketsa Logo ke Photoshop

Setelah itu, kamu buka aplikasi Photoshop, lalu masukkan sketsa logo ke software desain tersebut.

Cara masukin gambar ke Photoshop itu gampang kok. Kamu bisa klik dan tahan gambar dari folder, kemudian arahkan ke Photoshop lalu lepaskan kliknya. Atau import gambarnya menggunakan perintah yang ada di menu.

6. Buat Layer Baru

Setelah foto sketsa ditambahkan, kemudian kamu buat layer baru.

Sekarang saatnya trace sketsa logo yang sudah kamu buat. Trace sketsa ini dilakukan pada layer baru ya. Jangan di background yang ada gambarnya.

Kamu bisa tracing sketsa ini menggunakan Pen Tool. Jadi, kamu bisa membuat berbagai macam bentuk dengan mudah.

8. Buat Lingkaran dan Tulisan

Setelah berhasil trace gambar yang memang harus menggunakan Pen Tool, sekarang bisa bikin objek lainnya pakai tools yang dibutuhkan. Seperti membuat lingkaran, tentu akan lebih mudah kalau pakai fitur pembuat lingkaran atau Elipse Tool.

Tambahkan juga tulisan jika memang logo kamu pakai huruf. Gunakan saja Horizontal Type Tool ya.

Terus, kamu bisa membuat tulisannya menjadi melengkung seperti logo sekolahan atau instansi gitu. Kamu bisa menggunakan Warp Text untuk memelengkungkan tulisan.

Setelah semua bagian logo jadi, kamu bisa melakukan sedikit penyesuaian. Jangan lupa, hilangkan sketsa yang sudah dibuat ya, biar logo yang kamu bikin kelihatan.

Kemudian, kamu bisa meng-export logo ke dalam bentuk file gambar, bisa JPG atau PNG.

Selesai dari tutorial cara membuat logo dengan Photoshop ini.

Tutorial Membuat Logo Pakai Photoshop (Video)

Buat yang pengen ngerti langkah-langkah cara membuat logo dengan Photoshop, ini ada video yang bisa kamu lihat. Tapi, video ini nggak pakai sketsa ya, jadi prosesnya akan sedikit berbeda dengan contoh di atas.

Penutup

Itu tadi cara membuat logo dengan Photoshop untuk pemula yang bisa kamu ikuti langkahnya. Kamu bsia menggunakan berbagai versi Photoshop ya, mulai dari CS2, CS3, CS4, CS5, CS6, CC 2020. Contoh di atas menggunakan versi trial dari CC 2020.

Kalau kamu mau menggunakan Photoshop gratisan, yang versi CS2 kabarnya sudah digratiskan kok. Kamu bisa cari-cari dulu infonya ya biar lebih meyakinkan.

Nah, logo yang kamu buat ini bia digunakan untuk banyak hal. Misal logo distro, esport, tim futsal, band, brand hijab, komunitas, karang taruna, masjid, organisasi, club motor, merk makanan, toko online, perusahaan, sekolah, restoran, dan lainnya.

Bentuk logo pun beragam banget, bisa bulat, segitiga, hologram, karikatur, kartun, garis, huruf, 3 dimensi, bunga, burung, nomor, dan lainnya.

Kamu bisa melihat dulu logo-logo yang sudah ada sebelum membuat logo milikmu sendiri. Buat bahan referensi gitu.

Semoga bermanfaat ya, selamat mencoba 🙂

Leave a Comment!