cara memperbarui play store versi lama ke versi baru

Cara Memperbarui Play Store Versi Lama ke Versi Baru

Bagaimana cara memperbarui Play Store versi lama ke versi baru? Nggak sulit kok untuk update Google Play Store itu. Baca aja artikel ini sampai habis, kamu bakal menemukan jawabannya, hehehe.

Seperti yang kita ketahui, pengguna HP android tentu nggak bisa lepas dari yang namanya Google Play Store. Tempat di mana kita bisa menemukan aplikasi yang dicari dengan mudah.

Kamu bisa mencari berbagai macam aplikasi di sini, mulai dari game, aplikasi kantor, pencatatan, desain, foto, musik, dan aplikasi lainnya.

Tapi, walaupun sering dipakai, Google Play Store ini nggak banyak yang mengulik atau mempelajari. Jadi, kadang ada yang bingung juga, cara memperbarui Play Store versi lama ke versi baru itu gimana.

Bisakah Play Store Di-Update?

Sebelum mengetahui caranya, emang bisa ya Play Store di-update ke versi terbaru?

Tentu saja bisa dong, namanya juga software, tentu ada update yang diperlukan. Semacam aplikasinya itu mengikuti perkembangan zaman gitu.

Tapi, biasanya proses pembaruan ini berjalan secara otomatis. Jadi, kamu nggak perlu melakukannya manual. Kecuali kalau terjadi kesalahan atau ada yang error ya.

Cara Melihat Setting Auto-Update Play Store

Lalu gimana cara melihat apakah Google Play Store di HP sudah otomatis update atau belum?

Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Masuk ke aplikasi Google Play Store.
  2. Setelah itu, klik ikon garis tiga yang ada di pojok kiri atas.
  3. Akan muncul menu pilihan, lalu cari opsi Setelan.
  4. Dalam menu Setelan, pilih Update Aplikasi Otomatis.

Nah, di dalam menu ini, kamu bisa mengaktifkan update otomatis ini menggunakan jaringan apa. Ada tiga pilihan yang bisa kamu pilih untuk melakukan pembaruan.

  • Pertama, kamu menonaktifkan update otomatis di Google Play Store.
  • Kedua, melakukan update otomatis menggunakan jaringan Wi-Fi dan data seluler.
  • Ketiga, update otomatis dilakukan hanya ketika tersambung ke Wi-Fi saja.

Sebaiknya, kamu pilih opsi yang update menggunakan jaringan Wi-Fi saja. Biar lebih irit kuota dan proses download jadi lebih cepat juga.

Tapi, jangan pilih yang matikan update otomatis ya. Soalnya, kalau Google Play Store kamu versinya ketinggalan jauh, kinerjanya akan berkurang.

Setelah mengetahui update otomatis sudah berjalan, sekarang kamu bisa memastikan, Google Play Store yang teri-install sudah diperbarui atau belum.

  1. Masuk ke Google Play Store.
  2. Klik ikon garis tiga di kiri atas.
  3. Kemudian pilih Setelan.
  4. Lalu scroll ke bawah sampai ketemu Versi Play Store, klik aja.
  5. Kalau Google Play Store kamu sudah versi terbaru, maka akan keluar tulisan Versi Google Play Store sudah yang terbaru.

Cara Memperbarui Play Store

Nah, setelah mengetahui apakah auto update aktif atau tidak, sekarang kita masuk ke inti pembahasan ini. Kita akan belajar cara memperbarui Play Store versi lama ke versi baru.

Cara ini dilakukan ketika update otomatis tidak berfungsi dengan baik ya. Kalau sudah berjalan ya nggak perlu pakai cara ini.

1. Update Google Play Store dengan File APK

Tentu kamu sudah tahu dong tentang file APK ini?

Yups, file APK ini bisa kamu install di handphone walaupun nggak lagi online. File APK juga bisa dibagikan ke smartphone lainnya.

Nah, kalau Play Store kamu bermasalah dan nggak mau di-update, bisa coba menggunakan gile APK. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini ya.

  1. Pertama, download dulu file APK Google Play Store. Kamu bisa mencarinya di website resmi ya, jangan sembarangan. Sebab, kalau asal unduh file APK, bisa saja file tersebut mengandung virus.
  2. Setelah berhasil mengunduh file-nya, tinggal install aja mengikuti petunjuknya.
  3. Tunggu sampai proses instalasi selesai.

Selain download dari website terpercaya, kamu juga bisa lho menggunakan aplikasi pengirim aplikasi.

Jadi, kamu bisa meminjam HP teman yang Google Play Store-nya update. Setelah itu, kirim aplikasi Google Play Store menggunakan SHAREit. Kamu bisa lihat di artikel mengirimkan aplikasi dari HP ke laptop. Caranya mirip kok, ikuti saja langkah-langkahnya.

2. Update Lansung dari Google Play Store

Sebenarnya, ini merupakan cara memperbarui Play Store versi lama ke versi baru yang paling tepat. Sebab, kamu hanya menggunakan fitur yang dimiliki oleh Google.

Kamu cukup menyediaan kuota yang lebih aja buat melakukan cara ini. Kalau nggak ada kuota, bisa cari Wi-Fi yang koneksinya cukup lumayan.

Untuk lebih jelasnya, ikuti tutorial di bawah ini.

  1. Buka Google Play Store.
  2. Setelah itu, klik ikon tiga garis yang ada di kiri atas.
  3. Lalu pilih menu Setelan.
  4. Scroll ke bawah samapi ketemu Versi Play Store.
  5. Akan muncul opsi untuk install versi terbaru atau izin download.
  6. Tapi, kalau setelah di klik Versi Play Store dan yang keluar tulisan Versi Google Play Store sudah yang terbaru, berarti Play Store di HP kamu sudah update.

Udah deh, gitu aja sebenarnya cara buat update Play Store itu.

Penutup

Gimana? Gampang kan cara memperbarui Play Store versi lama ke versi baru?

Cara di atas sangat mudah dilakukan, bahkan sebenarnya kamu nggak perlu melakukan apa-apa lho. Soalnya, setingan default-nya itu update otomatis. Jadi, kalau ada pembaruan terbaru, Google Play Store akan otomatis melakukan update sendiri.

Semoga artikelnya bermanfaatya, selamat mencoba 🙂

Leave a Comment!