Cara Menghilangkan Jamur di HP – Bagian Belakang dan Layar

Cara menghilangkan jamur di HP dapat dilakukan dengan beberapa cara. Kamu bisa nih pilih mau pakai cara gampang dengan alat dan bahan yang ada di rumah, atau cara lain yang lebih sulit.

Semua cara kemungkinan 100% work, tapi kadang ada yang gagal juga. Itu bisa jadi karena kotorannya atau melakukan langkah-langkahnya kurang tepat.

Tapi, cara ini bisa bikin jamur di handphone kita hilang, HP jadi bersih deh. Setelah bersih, rutinlah membersihkan smartphone biar jamur nggak muncul lagi ya.

Penyebab Munculnya Jamur di HP

cara menghilangkan jamur di hp
unsplash.com

Sebelum lanjut ke cara menghilangkan jamur di HP bagian belakang yang plastik, kaca, polycarbonate, atau apapun itu, kita cari tahu dulu penyebab hp jamuran.

1. Jarang Lepas Case HP

Casing, kesing, softcase, atau case smartphone, biasanya kalau sudah terpasang itu jarang banget dilepas. Bisa berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan sampai tahunan.

Case HP dicopot kalau mau ganti aja tuh biasanya. Padahal, case yang selalu terpasang itu bisa menimbulkan munculnya jamur. Bekas case di bagian belakang HP jadi terdapat warna putih-putih gitu.

Hal ini karena, ketika kita gunakan HP, bagian antara case dan handphone kan ada rongga tuh. Nah, di rongga inilah kadang kotoran, air, debu, dan yang kotor-kotor lainnya masuk ke dalam.

Kotoran-kotoran itu akan berdiam lama di bagian belakang HP kamu. Karena lama di tempat itu, maka muncullah jamur.

2. Sering Kena Keringat

Pegang HP itu udah jadi kebiasaan yang kalau sehari nggak megang handphone itu rasanya ada yang kurang. Dengan intensitas yang tinggi, HP yang kita pegang itu tentu sering terkena keringat juga.

Dalam kondisi berkeringat, smartphone kita juga jadi lembap bahkan sampai basah. Kalau nggak langsung dibersihkan, hal ini bikin jamur bisa muncul.

3. Bekas Stiker

Biasanya, kalau kita beli HP terutama Android yang baru seperti Vivo, Xiaomi, Redmi, Samsung, Realme, Poco, Oppo, Infini, dan smartphone lainnya, ada stiker yang ditempel di belakang HP.

Biasanya sih stiker barcode dan nomer IMEI gitu ya. Nah, bekas stiker itu kalau nggak langsung dicopot, bisa menimbulkan jamur. BTW, IMEI ini bisa digunakan untuk melacak HP Xiaomi lho.

Jadi, lebih baik kamu sering-sering bersihin HP ya biar jamur muncul. Lalu, kalau sudah terlanjur ada jamurnya gimana? Ikuti tutorial di bawah ini untuh membersihkan HP yang kotor karena jamur.

Cara Menghilangkan Jamur di HP

Simak beberapa caranya di bawah ini untuk membersihkan jamur pada HP ber-body metal, metal, kaca, yang ampuh.

1. Pakai Minyak Kayu Putih

daun kayu putih
unsplash.com

Apakah jamur di HP bisa hilang? Tentu saja bisa hilang. Cara yang paling mudah dan umum digunakan adalah dengan menggunakan minyak kayu putih.

Mungkin kalau kamu pernah pergi ke counter handphone, sering lihat nih yang jaga disana bersihin HP pakai minyak kayu putih.

Ya karena memang betul cara menghilangkan jamur di HP dengan minyak kayu putih itu terbukti ampuh. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Siapkan terlebih dahulu minyak kayu putih dan kain microfiber (kalau tidak ada bisa pakai tisu).
  2. Teteskan sedikit minyak kayu putih pada kain microfiber.
  3. Gosok bagian HP yang terdapat noda jamur (bisa ke seluruh bagian handphone biar bersih) tapi hati-hati agar tidak tergores.
  4. Lakukan beberapa kali dengan mengganti kain microfiber sampai HP benar-benar bersih.
  5. Jika sudah bersih, lap menggunakan tisu atau kain microfiber yang kering.

Cara ini paling umum digunakan ya. Jadi, kalau pada belakang HP Samsung kamu ada jamur atau bahkan di iPhone, bisa pakai minyak kayu putih.

2. Gunakan Alkohol

hand sanitizer
unsplash.com

Cara menghilangkan jamur di HP belakang yang satu ini cukup mudah juga. Apalagi sekarang hampir setiap rumah punya produk yang mengandung alkohol.

Ini alkohol bukan hanya yang cairan alkohol ya. Kamu bisa juga menggunakan hand sanitizer atau tisu basah.

  • Pertama, siapkan kain microfiber atau kain lembut, tuangkan alkohol atau hand sanitizer (kalau pakai tisu basah, langsung ambil tisunya saja).
  • Gosokkan kain pada seluruh permukaan handphone kita.
  • Bersihkan juga bagian case HP yang biasanya jadi sumber kotoran.
  • Jika sudah bersih, diamkan sampai kering dan siap digunakan kembali.

Kau juga bisa mengaplikasikan pemakaian alkohol ini setelah membersihkan HP menggunakan minyak kayu putih ya. Biar benar-benar bersih dan bekas minyak bisa hilang.

3. Pakai Baking Soda

baking soda
unsplash.com

HP jamuran yang sulit hilang? Bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

Mudah itu, apalagi kalau cuma case belakang yang berjamur dan penuh kotoran. Biasanya lebih mudah dihilangkan apalagi cuma noda kuning atau putih. Kamu bisa gunakan 2 cara sebelumnya.

Tapi, kalau yang sulit dan membandel, bisa coba pakai cara yang satu ini. Cara menghilangkan jamur di HP pakai baking soda.

  1. Ambil baking soda secukupnya, lalu tambahkan air sedikit saja, aduk sampai membentuk pasta.
  2. Oleskan pasta baking soda pada bagian yang ada jamurnya.
  3. Gosok menggunakan sikat gigi atau kain microfiber, menggosoknya agak kuat sampai nodanya hilang, tapi jangan sampai menggores case HP-nya.
  4. Jika sudah hilang jamurnya, bersihkan pakai kain basah dulu, baru lap dengan kain bering.

Selain dibersihkan, kamu juga perlu tahu cara cek HP Samsung yang asli itu gimana, bukan refurbish atau KW-nya.

Agar HP Tidak Muncul Jamur

apakah jamur di hp bisa hilang
unsplash.com

Biar nggak muncul jamur yang sulit dihilangkan atau bahkan tidak bisa hilang, ada beberapa tips yang bia kamu lakukan nih.

  1. Sering-sering lepas casing HP lalu bersihkan.
  2. Lap handphone setelah terkena tangan yang basah atau keringat.
  3. Sesekali tidak usah pakai softcase biar lebih mudah dibersihkan dan tidak ada kotoran yang menempel.
  4. Jangan bawa HP ke kamar mandi.

Ya, intinya, kita harus sering-sering bersihin dan menjaga kebersihan smartphone kita. Soalnya, kalau HP kotor, mau dijual lagi bisa jadi celah untuk ditawar orang tuh, hehehe.

FAQ

Apakah jamur di HP bisa hilang?

Jamur di HP bisa hilang jika kamu bersihkan ya. Ada beberapa cara membersihkan jamur di handphone, bisa pakai minyak kayu putih, alkohol, atau baking soda.

Apa penyebab HP berjamur?

Biasanya, handphone berjamur karena lembab (selalu tertutup casing). Atau bisa juga karena bekas stiker dan air.

Apa penghilang jamur di HP?

Kamu bisa menggunakan minyak kayu putih, alkohol hand sanitizer, tisu basah, baking soda. Atau bisa coba pakai Vanish, siapa tahu berhasil.

Bagaimana cara membersihkan bagian belakang HP yang berjamur?

Pertama buka terlebih dahulu softcase-nya jika ada > Lap seluruh bagian pakai tisu basah > Pada bagian yang nodanya membandel, bisa gunakan minyak kayu putih atau baking soda.

Kenapa di belakang HP ada bintik putih?

Bintik putih ini muncul karena bagian belakang HP lembap tertutup softcase. Sebaiknya kamu sering-sering membuka pelindung silikon di HP agar tidak ada noda putih.

Apakah alkohol bisa menghilangkan jamur di HP?

Alkohol dipercaya dapat menghilangkan jamur di HP. Kamu bisa mencobanya menggunakan alkohol atau produk yang ada kandungan alkohol dan antiseptiknya seperti tisu basah dan hand sanitizer.

Bagaimana cara membersihkan casing belakang HP?

Buka terlebih dahulu pelindung silikon (softcase) HP kamu. Lalu bersihkan menggunakan minyak kayu putih, alkohol, atau kalau noda membandel bisa pakai baking soda yang dibuat pasta.

Bagaimana cara membersihkan layar HP?

Layar HP yang kotor bisa kamu bersihkan cukup dengan tisu basah saja. Kalau sudah dilap dengan tisu basah, keringkan pakai tisu kering atau kain halus.

Penutup

Cara menghilangkan jamur di HP ternyata mudah kan? Kita bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah saja, ada minyak kayu putih, alkohol, ataupun baking soda.

Kira-kira kalau untuk membersihkan kaca lemsa kamera DSLR pakai cara di atas bisa nggak ya? Buat yang tahu, tulis di kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.