Cara Menggunakan LinkedIn dengan Benar untuk Pemula

Cara menggunakan LinkedIn yang benar itu ternyata mudah. Tutorial untuk pemula atau mahasiswa yang baru lulus (fresh Graduate), karyawan, perusahaan, mencari pekerjaan, dan promosi dibahas lengkap deh ini.

Kamu nggak perlu ragu untuk membaca artikel ini sampai selesai. Isinya bakal bikin profil LinkedIn kamu jadi keren dan informatif. Jadi lebih terlihat profesional dan meyakinkan.

Mau tau seperti apa cara menggunakan LinkedIn dengan benar? Langsung baca artikel ini aja ya, baca sampai selesai biar makin paham, hehehe.

Apa itu LinkedIn?

LinkedIn adalah salah satu platform media sosial yang ditujukan untuk profesional atau pebisnis. Lewat platform ini, kamu dapat mencari pekerjaan, karyawan, ataupun rekan bisnis.

Selain itu, kita juga dapat terhubung dengan orang lain yang bekerja dari berbagai bidang industri, mendapatkan informasi tentang perkembangan karir, dan masih banyak lagi lainnya.

Manfaat LinkedIn

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan LinkedIn.

  • CV online
  • Networking dengan profesional
  • Alat untuk riset
  • Bergabung dengan grup

Kita bahas lebih detail tentang manfaat dari LinkedIn ini.

1. CV Online

Pada profil di akun LinkedIn, ada informasi yang berkaitan dengan riwayat pendidikan dan pengalaman kita. Karena menampilkan hal tersebut, bisa dibilang kalau profil LinkedIn ini juga bisa dijadikan CV online.

Bahkan, profil ini bisa dilihat oleh banyak orang dimanapun mereka berada. Kelebihan lainnya, kita bisa mengedit profil dan memperbarui datanya dengan cepat dan mudah.

2. Networking dengan Profesional

LinkedIn ini merupakan media sosial tempat berkumpulnya para profesional. Jadi, banyak juga perekrut yang memiliki akun di sini.

Dengan punya akun aja kamu sudah berpeluang untuk dipertemukan dengan perekrut dari sebuah perusahaan. Bahkan, nggak jarang ada yang mencari kandidat untuk bekerja di perusahaan lewat LinkedIn.

3. Alat untuk Riset

Kalau kamu belum tahu tentang perusahaan saat melamar kerja, bisa coba cara ini. Lakukan saja riset dengan cek profil perusahaan pakai LinkedIn.

Kamu bisa mencari profil perusahaan sampai budaya kerja di perusahaan itu seperti apa. Buat perusahaan, profil LinkedIn juga bisa jadi ajang promosi untuk employee branding sampai lowongan pekerjaan.

4. Bergabung dengan Grup

Seperti Facebook, LinkedIn juga punya banyak grup profesional dengan berbagai macam bidang. Kamu nggak perlu ragu untuk bergabung dengan grup-grup ini. Selain menyimak diskusi, baca artikel, kamu juga bisa terhubung dengan banyak orang.

Kalau kamu punya bisnis, bisa juga kok masuk ke grup. Siapa tahu ketemu sama rekan bisnis yang bisa diajak kerjasama nantinya.

Cara Menggunakan LinkedIn untuk Pemula

cara menggunakan linkedin untuk pemula
unsplash.com

Buat yang baru pertama kali mendengar dan ingin memanfaatkan LinkedIn dengan benar, pas banget nih. Cara pakai LinkedIn ini cocok buat pemula dan alumni mahasiswa fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan.

Ikuti saja langkah-langkah cara membuat LinkedIn menarik berikut ini.

1. Membuat Akun Pribadi di LinkedIn

Pertama, tentu kamu harus membuat akun pribadi di LinkedIn. Udah tahu kan caranya, langsung aja pergi ke website-nya, lalu daftar deh.

Atau, kalau kamu belum punya akun, bisa baca cara membuat akun LinkedIn baru di website ini ya.

2. Headline adalah Kunci

Kalau orang baca berita, tentu yang akan terbaca duluan adalah headline. Begitu pula dengan profil LinkedIn kamu, orang yang baca akan melihat headline terlebih dahulu.

Maka dari itu, lengkapi informasi pokok ke dalam profil. Mulai dari nama lengkap dan data diri, pendidikan, pekerjaan sekarang, dan kontak yang bisa dihubungi.

Informasinya harus jelas dan dan bisa menggambarkan siapa dirimu saat ini ya.

3. Isi Lengkap Riwayat Pendidikan, Pekerjaan, dan Skill

Untuk membuat profil LinkedIn seperti CV (Curriculum Vitae) tentu informasi yang disajikan juga harus lengkap.

Isi profil mulai dari riwayat pendidikan (cukup pendidikan dari kuliah saja, jangan cantumin dari TK ya). Pengalaman organisasi dan pengalaman kerja juga bisa ditambahkan.

Penting juga menampilkan skill apa saja yang kamu miliki. Hal ini bisa membuat profil kamu jadi lebih bagus dan punya nilai plus.

4. Foto Profil Harus Profesional

Cara menggunakan LinkedIn selanjutnya adalah jangan gunakan foto selfie untuk foto profil kamu. Tujuan utama membuat LinkedIn kan agar tampil profesional, maka gunakan juga foto yang terlihat rapi dan profesional.

Tentu kamu harus menggunakan foto diri sendiri ya. Nggak harus pas foto kayak di KTP kok, yang penting wajah kita terlihat dan jelas, tentu jangan yang pakai filter juga ya.

5. Bangun Koneksi yang Tepat

Terjun ke ranah profesional, koneksi tentu juga harus dibangun. Semakin banyak jejaring yang dibangun, tentu kesempatan direkrut perusahaan besar semakin tinggi.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk membangun koneksi adalah dengan mencari teman dari kampus atau tempat kerja kamu dulu. Cara connect LinkedIn adalah dengan kirim permintaan koneksi kepada mereka.

Kamu juga bisa menghubungkan akun email dengan LinkedIn. Jadi, kontak yang ada di email akan otomatis dikirimi undangan koneksi ke akun kita.

6. Bergabung ke Grup

Cara menggunakan LinkedIn untuk mencari pekerjaan adalah gabung ke dalam grup. Langkah ini penting dilakukan karena kita bisa mengenal orang yang aktif di dalam grup.

Selain itu, kita bisa memperkenalkan siapa diri kita ke orang yang mungkin punya peranan penting di dalam perusahaan. Kalau sudah dikenal, kesempatan kita direkrut suatu perusahaan tentu akan lebih terbuka.

7. Minta Rekomendasi Teman

Seperti review gitu, kamu bisa meminta teman untuk memberikan rekomendasi. Hal ini tentu akan menambah nilai positif di profil kita. Apalagi ketika teman kita memberikan informasi pendukung tentang kemampuan kita, seperti skill misalnya.

Agar teman kita mau memberi rekomendasi, kita sebaiknya beri dulu rekomendasi. Dengan begitu, kita nggak akan sungkan buat minta balasan rekomendasi dari mereka nantinya.

8. Aktif di LinkedIn

Layaknya media sosial lain, aktif juga termasuk cara menggunakan LinkedIn. Tentu bukan update hal-hal alay gitu ya. Kamu bisa membagikan informasi yang bermanfaat terkait dengan bidang yang digeluti.

Atau, bisa juga mengomentari postingan orang lain atau bagikan postingan orang. Kamu juga bisa memberikan selamat atas pencapaian orang lain dan interaksi lainnya.

Jika kamu mengikuti tutorial di atas, sebenarnya itu juga merupakan cara membuat LinkedIn menarik.

Lalu, bagaimana cara memperbaiki LinkedIn yang sudah terlanjur dibuat?

Tentu saja ubah isi profil kamu mengikuti langkah-langkah yang sudah disebutkan sebelumnya. Tampilkan bahwa kamu adalah seorang profesional yang siap diterima kerja oleh sebuah perusahaan.

Cara Menggunakan LinkedIn untuk Bisnis atau Perusahaan

cara menggunakan linkedin untuk perusahaan
unsplash.com

LinkedIn juga bisa kamu gunakan untuk promosi bisnis atau sebagai profil perusahaan. Berikut ini cara membuat LinkedIn untuk perusahaan.

1. Buat Akun LinkedIn

Prosedur pembuatan akun baru ini sama seperti saat kita bikin akun biasanya ya. Kamu bisa lihat cara membuat LinkedIn di artikel lainnya, di sana dibahas dengan lengkap.

2. Buat Halaman Perusahaan

Setelah akun jadi, cara menggunakan LinkedIn adalah membuat halaman untuk perusahaan ataupun bisnis. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke LinkedIn bagian home.
  • Klik ikon Kerja atau Work yang ada di kanan atas.
  • Pilih Buat Halaman Perusahaan yang ada di bagian bawah menu tersebut.
  • Pilih kategori bisnis yang sesuai dengan perusahaan kamu.
  • Isi data dengan benar dan lengkap serta jangan lupa upload logo perusahaan.

Itu tadi cara membuat LinkedIn perusahaan atau halaman untuk bisnis kamu. Setelah itu, tentu ada hal lain yang harus dilakukan biar halaman ini terlihat lebih meyakinkan.

3. Buat Deskripsi Lengkap

Perkenalkan perusahaan kamu dengan cara memberikan informasi lengkap di bagian Tentang Kami. Tuliskan singkat, padat, jelas, dan lengkap ya biar orang cepat membacanya.

Bahasa yang digunakan juga sebaiknya sederhana dan mudah dipahami. Lalu apa saja informasi yang diberikan? Tulis nama, alamat, perusahaan bergerak di bidang apa, apa yang ditawarkan, dan kontak yang bisa dihubungi.

4. Selalu Update

Cara menggunakan LinkedIn selanjutnya adalah dengan membuat konten seperti update status di LinkedIn. Konten yang dibuat bisa dalam bentuk foto, video, polling, slide, dan banyak lagi jenisnya.

Fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk update berita perusahaan. Tapi, upload konten yang menarik, biar orang yang melihat jadi tertarik dan mungkin akan penasaran dengan peruashaan kamu.

Selain upload saja, kamu juga harus konsisten, rutin posting konten.

5. Bangun Jaringan

Cara menggunakan LinkedIn untuk promosi salah satunya adalah dengan membuat jaringan di media sosial ini. Ada 2 pilihan, Terhubung dan Ikuti.

Terhubung berarti ada hubungan 2 arah antara kita dan orang lain dan bisa saling melihat konten yang dibagikan. Kalau ikuti, kita bisa tahu aktivitas orang atau perusahaan tersebut tanpa perlu kita terhubung.

Cara membuat koneksi di LinkedIn ini seperti bisnis offline, di online, jaringan ini juga penting. Kamu bisa mengikuti bisnis lain yang masih relevan.

Kamu bisa juga mengikuti influencer, pebisnis, tokoh, dan orang penting yang berpengalaman di bidang yang sama dengan bisnis kamu.

6. Perbarui Gambar Profil dan Sanduk

Gambar profil merupakan hal pertama yang biasanya dilihat oleh orang ketika mencari perusahaan. Jadi, gunakan gambar yang menarik agar kesan perusahaan kita jadi baik.

Kamu bisa menggunakan gambar profil yang sederhana kok. Bisa dengan logo perusahaan misalnya. Sesuaikan saja ukurannya sama dengan syarat dari LinkedIn (dimensi gambar 300×300 px, PNG, max 8 MB, berbentuk persegi).

Kalau gambar spanduk, kamu bisa lebih kreatif berkreasi. Tuangkan saja ide yang menarik dan tentu menggambarkan perusahaan kamu. Spesifikasi gambar spanduk ini juga sudah ditentukan ya (1536×768 px, PNG, max 8 MB, persegi panjang).

7. Tampilkan Halaman Karier

Menurut laporan dari Glassdoor, 69% pencari kerja lebih memilih melamar kerja di perusahaan yang aktif promosi secara online.

Salah satu cara untuk menggaet calon karyawan adalah dengan Halaman Karier atau Career Page ini. Jadi, akan lebih banyak orang yang mengunjungi halaman perusahaan kamu dan budaya perusahaan jadi lebih diketahui.

Kalau bingung, halaman karier ini letaknya ada di bawah tab Kehidupan. Career page ini bisa digunakan untuk upload video, gambar, dan artikel tentang budaya di perusahaan kita.

8. Ide Konten untuk LinkedIn

Buat yang bingung akan mengunggah konten apa di halaman perusahaan LinkedIn, berikut ini ada beberapa inspirasi yang bisa kamu ikuti.

  • Infografik
  • Video
  • Survei
  • Promosi produk gratis
  • Peluncuran produk
  • Cerita perusahaan
  • Permainan
  • Tips dan trik
  • Kegiatan perusahaan
  • Menjawab pertanyaan
  • Proses di balik layar
  • Sejarah perusahaan
  • Data industri yang relevan
  • Dll.

Kamu bisa membuat postingan untuk promosi atau memperkenalkan perusahaan dengan update hal-hal di atas di LinkedIn.

Sekarang kamu udah tahu kan jawabnnya apa kalau ditanya bagaimana cara menggunakan LinkedIn untuk perusahaan atau bisnis?

Penutup

Cara menggunakan LinkedIn ternyata mirip seperti ketika kita memakai media sosial pada umumnya. Perbedaannya hanya terletak pada penampilan kita yang profesional.

Kamu bisa mengakses LinkedIn lewat website di laptop, komputer, atau PC. Selain itu, ada juga aplikasi yang bisa di-download di Play Store dan App Store. Dulu apa apps LinkedIn Lite, tapi sekarang sudah ditutup.

Pertanyaan

Bagaimana cara menggunakan LinkedIn?

Cara menggunakan LinkedIn sebenarnya mirip seperti media sosial lainnya. Bedanya, di LinkedIn, kamu harus terlihat profesional. Ubah foto profil jadi lebih baik, jangan pakai foto selfie. Update informasi seperti riwayat pendidikan, pekerjaan, skill, dll.

LinkedIn digunakan untuk apa?

LinkedIn digunakan untuk menghubungkan para profesional dari berbagai bidang secara online. Kita dapat menggunakan LinkedIn untuk mencari pekerjaan, tempat magang, atau berhubungan dengan profesional lainnya.

Bagaimana cara mencari pekerjaan di LinkedIn?

Pilih ikon Pekerjaan yang ada di halaman utama > Klik Cari Pekerjaan dan masukkan kata kunci atau nama perusahaan > Tulis Lokasi Pekerjaan yang ingin kamu cari > Bisa gunakan opsi filter untuk memfilter hasil yang keluar.

Apakah LinkedIn itu berbayar?

LinkedIn sebenarnya bisa kamu gunakan secara gratis, seperti halnya Faceboo, Instagram, Twitter, ataupun Tiktok. Tetapi, ada juga LinkedIn Premium yang tentu memiliki fitur lebih banyak dan kamu bisa menggunakannya secara maksimal.

Kenapa harus punya akun LinkedIn?

Akun LinkedIn bisa kamu gunakan untuk mencitrakan diri sebagai seorang profesional. Jadi, di platform ini, kamu memang menajdi profesional sesuai dengan bidang yang digeluti.

Apakah LinkedIn bisa untuk fresh graduate?

Untuk kamu yang baru lulus kuliah dan sedang mencari pekerjaan atau fresh graduate, bisa gunakan LinkedIn untuk membangun profil. Platform LinkedIn ini sudah digunakan banyak orang yang akan sangat membantu untuk mencari kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.