Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Edge Lengkap

Kelebihan dan kekurangan Microsoft Edge yang saat ini menggantikan Internet Explorer ternyata cukup menarik untuk dibahas. Soalnya, banyak banget kan meme yang bertebaran tentang Internet Explorer.

Harusnya penggantinya ini punya kelebihan yang bikin pengguna tertarik dong? Jangan sampai kayak pendahulunya yang cuma dijadikan alat untuk download Google Chrome aja, hehehe.

Buat yang penasaran sama pengertian, fitur, fungsi, kelebihan dan kekurangan browser ini, baca sampai selesai ya. 🙂

Apa itu Microsoft Edge?

Sebelum masuk ke kelebihan dan kekurangan Microsoft Edge, sebaiknya cari tahu dulu pengertian dan sejarah singkat MS Edge.

Microsft Edge adalah browser yang berbasis Chromium, kodenya Project Spartan dan dirilis Januari 2020.

Browser besutan Microsoft ini merupakan pengganti Internet Explorer di Windows 10. Edge menjadi browser default ketika kamu pertama kali pakai Win 10.

Microsoft Edge dibuat agar dapat digunakan dengan mudah oleh penggunanya. Software web browser ini ringan dengan user interface yang familiar.

Sejarah Microsoft Edge – Singkat

Awalnya, Spartan diperkenalkan pertama kali di Windows 10 Technical Preview Build 10049, pada 30 Maret 2015.

Pada versi awal ini, Spartan sebenarnya masih jadi bagian Internet Explorer 11. Lalu, beberapa bulan kemudian, tepatnya 29 April 2015, Microsoft Edge diresmikan.

Dalam peluncurannya, Microsoft Edge diperkenalkan juga sebagai browser web. Logo dan mereknya dibuat mirip dengan Internet Explorer. Mungkin untuk memberi tahu pengguna, bahwa MS Edge merupakan penerusnya.

Fitur dan Fungsi Microsoft Edge

kelebihan dan kekurangan microsoft edge
microsoft.com

Ada sedikit tambahan lagi nih sebelum masuk ke pembahasan kelebihan dan kekurangan Microsoft Edge. Apa itu?

Kita ngomongin dulu fitur dan fungsi Microsoft Edge. Hal ini dibahas karena banyak fitur keren yang nggak kalah dari Chrome, Mozilla Firefox, Vivaldi, ataupun Safari.

Apa aja fitur-fiturnya?

  1. Terhubung langsung dengan Cortana
  2. Ada pilihan tema
  3. Favorite, koleksi, dan catatan
  4. Read aloud

Kita bahas satu per satu fitur dan juga fungsi dari Microsoft Edge.

1. Terhubung Langsung dengan Cortana

Cortana ini seperti Siri kalau di iPhone atau Google Assistant. Dengan Artificial Intelligence dari Microsoft, Cortana dapat membantu kita dalam penggunaan Windows 10.

Microsoft Edge yang terhubung dengan Cortana memungkinkan kita mencari sesuatu lewat browser tanpa perlu mengetikkan kata kunci.

Udah gitu, Cortana juga tersambung dengan mesin pencari Bing. Jadi, hasil pencarian nantinya akan ditampilkan di bing.com.

2. Ada Pilihan Tema

Kita bisa mengubah tampilan dan tema dari Edge juga lho. Semuanya bisa diatur lewat halaman Pengaturan.

Tema yang ditawarkan mulai dari gelap, terang, dan berbagai warna menarik. Kamu juga bisa mengganti tema dengan yang lebih menarik lagi. Contohnya seperti tema Minecraft dan beberapa tema menarik lainnya.

3. Favorite, Koleksi, dan Catatan

Ada juga fitur favorite yang fungsinya itu mirip seperti bookmark kalau di browser lainnya. Jadi, kita bisa menyimpan halaman favorit agar memudahkan ketika nanti ingin dibuka lagi.

Selain itu, kita juga bisa menambahkan catatan pada halaman yang sudah dipilih sebelumnya.

4. Read Aloud

Ada fitur unik lainnya yang tersedia di Microsoft Edge, Read Aloud. Fitur ini berfungsi untuk membacakan artikel dari halaman website yang kita kunjungi.

Jadi, MS Edge akan bacain artikel dan kamu tinggi mendengarkan saja. Tapi, untuk saat ini (Desember 2022), fitur Read aloud belum tersedia bahasa Indonesia. Sehingga, pembacaan artikelnya jadi logat bahasa lain gitu.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Edge

fitur dan fungsi microsoft edge
microsoft.com

Nah, sekarang baru deh kita lihat kelebihan dan kekurangan Microsoft Edge.

Kita rangkum dulu kekurangan dan kelebihan di dalam tabel berikut ya.

KelebihanKekurangan
Lebih ringanBelum bisa untuk Windows 10 ke bawah
Terintegrasi dengan produk MicrosoftUntuk akses ke produk Google, masih lebih baik pakai Google Chrome
Tampilan menarikEkstensi yang tersedia belum banyak
Fungsi lebih baikTema juga belum banyak
Dukungan pengembang
Tabel Kelebihan dan kekurangan Microsoft Edge

Kelebihan Microsoft Edge

Berikut ini beberapa keunggulan dari Microsoft Edge dibanding pendahulunya ataupun browser lain.

Lebih Ringan

Browser dari Microsoft ini memang dikembangkan agar lebih ringan dan handal daripada browser lain. Karena Edge dasarnya adalah Chromium, browser ini jadi lebih ringan dibandingkan Google Chrome ataupun Mozilla Firefox.

Terintegrasi dengan Produk Microsoft

Buat yang nggak bisa lepas sama produk dari Microsoft seperti Microsoft 365, Cortana, atau produk lainnya, pakai MS Edge ini enak banget.

Kamu bisa mengintegrasikan semua produk microsoft dengan Microsoft Edge. Jadi, tentu pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih cepat. Untuk saat ini, belum semua bisa ya, tapi kedepannya pasti sudah didukung semua.

Tampilan Menarik

Tidak seperti Internet Explorer, Microsoft Edge ini sudah lebih kekinian. Tampilannya mirip Google Chrome gitu, minimalis dan enak dilihat.

Kalau kurang suka dengan tampilan default-nya, bisa kamu ganti kok. Tinggal pilih yang sesuai dengan selera.

Fungsi Lebih Baik

Microsoft Edge menawarkan kelebihan yang dapat memaksimalkan produktivitas kita. Soalnya, selain integrasi dengan produk Microsoft, ada fitur lain seperti favorite, koleksi, catatan, cortana, read aloud, dan lainnya.

Dukungan untuk Pengembang

Buat para pengembang atau developer aplikasi dan website, Microsoft Edge ada fitur yang bagus nih. Nama fiturnya adalah 3D View.

Jadi, kalau fitur ini diaktifkan, maka akan terlihat bagaimana tampilan halaman sebuah web dalam 3 dimensi.

Kekurangan Microsoft Edge

Setiap kelebihan tentu ada aja kurangnya. Ya, begitulah hidup, lah malah ngapain ini. Yaudah, ini beberapa kekurangan yang dimiliki Microsoft Edge.

Belum Bisa untuk Windows 10 ke Bawah

Buat yang masih menggunakan versi lama Windows (Windows 8 dan 7), saat ini Microsoft Edge belum sepenuhnya mendukung. Walaupun tetap bisa digunakan, tapi fungsi dan performanya nggak sebaik di Windows 10 ataupun 11.

Untuk Kases ke Produk Google unggul Google Chrome

Kalau kamu biasa menggunakan produk Google seperti Google Documents, Google Drive, Google Meet, dan yang lainnya, pakai Google Chrome masih lebih baik.

Ekstensi yang Tersedia Belum Banyak

Saat ini, masih belum banyak tersedia ekstensi di Microsoft Edge. Kalaupun ada, beberapa masih versi beta.

Tapi, kedepannya, pasti akan banyak pengembang yang membuat aplikasinya untuk Microsoft Edge.

Tema Belum Banyak

Tema yang tersedia di Microsoft Edge juga masih belum banyak. Buat yang suka custom tampilan, tentu hal ini nggak bagus. Tapi, kalau kamu biasa pakai tampilan default, ini bukan masalah serius.

Nah, pakai Microsoft Edge ini apakah juga bisa untuk translate halaman website? Tentu saja bisa dong, dengan memanfaatkan bing translator tentunya.

FAQ

Apa Microsoft Edge bisa di-uninstall?

Tentu saya kamu bisa uninstall Microsoft Edge dari laptop atau komputer. Tinggal buka saja Add or remove programs, lalu cari Microsoft Edge, kemudian uninstall.

Apa gunanya Microsoft Edge di laptop?

Fungsi dari Microsoft Edge di laptop atau PC adalah sebagai browser untuk mengakses website.

Apakah Microsoft Edge gratis?

Ya, kamu bisa mengunduh Microsoft Edge secara gratis di microsoft.com/en-us/edge. Atau bisa jadi browser ini sudah terpasang di laptop kamu jika menggunakan Windows 10 maupun 11.

Penutup

Kelebihan dan kekurangan Microsoft Edge ternyata tidak banyak ya. Tinggal tentukan pilihan saja, mau menggunakan browser ini atau tidak.

Buat yang udah biasa pakai Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Opera, Brave dan lainnya mungkin awalnya sedikit berbeda. Tapi, kalau sudah terbiasa pasti akan sama saja kok, hehehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published.