Perbedaan iPhone iBox dan Inter + Distributor

Perbedaan iPhone iBox dan inter serta distributor itu terletak pada apanya? Apakah hanya garansi saja atau spesifikasinya juga?

Ternyata emang beda deh iPhone dari iBox, ex inter, dan juga distributor. Buat lebih jelasnya, kita cari tahu dulu apa itu jenis-jenis iPhone tersebut. Baru deh nanti kamu pasti tahu bedanya.

Simak aja artikel ini sampai habis ya!

Perbedaan iPhone Ibox dan Inter

Kita samakan dulu persepsi tentang pengertian dari beberapa jenis iPhone yang beredar di Indonesia ini ya.

iPhone iBox

ibox
malciputrasemarang.com

iPhone iBox artinya adalah iPhone yang dijual di iBox. Nah, iBox sendiri merupakan salah satu reseller resmi Apple di Indonesia (Authorized Apple).

Kalau kamu pernah dengan TAM, nah itu masih satu perusahaan sama iBox. Keduanya itu anak perusahaan dari Erajaya Swasenbada.

Jadi, kalau ada yang tanya iPhone garansi TAM vs iBox, ya itu sama. Soalnya masih berada di bawah perusahaan yang sama. Keduanya jelas resmi deh.

KelebihanKekurangan
Garansi bisa diklain di seluruh iBox di IndonesiaHarga lebih mahal dari toko lain
Bisa pakai kartu SIM dengan bebasiPhone versi terbaru lebih lama tersedia
Produk dijamin kualitasnya dan bisa berfungsi dengan baik di Indonesia
Dapat pelayanan langsung yang resmi di iBox

Ada tambahan nih, iPhone dari iBox atau TAM ini biasanya juga disebut sebagai iPhone resmi. Jadi, buat yang nggak mau ribet dan pengen dapat produk asli, berkualitas, dan garansi yang bagus, bisa pilih iBox.

Ciri-Ciri iPhone iBox

  • Box luar iPhone ada tanda hijau (dikenal dengan Green Peel)
  • Ada kartu garansi 1 tahun dari TAM, SCM, SES, atau yang lainnya
  • Pakai kode region Indonesia (PA/A, ID/A, FE/A)
  • Jika dapat aksesoris, bisa langsung digunakan (misalnya kepala charger dengan 2 colokan kaki seperti untuk di Indonesia)

iPhone Inter

perbedaan iphone ibox dan inter
unsplash.com

iPhone inter atau internasional ini bukan resmi dari Apple ya masuk ke Indonesia. Biasanya dibawa masuk ke Indonesia lewat jalur perorangan atau diimpor oleh pihak tertentu dalam jumlah yang banyak.

KelebihanKekurangan
Harga sedikit lebih murah dari iPhone di iBoxProses garansi biasanya lama (nggak ada kepastian waktunya)
Biasanya iPhone terbaru lebih cepat masuk ke IndonesiaNggak dapat layanan purna jual (misal pengoperasian produk yang baru dibeli)
Stok iPhone yang tersedia lebih banyak dan bervariasiAda risiko tidak bisa pakai jaringan seluler di Indonesia karena IMEI yang terblokir (atau iPhone belum dibayar pajaknya saat masuk ke Indonesia)
Kadang ada layanan untuk titip klaim garansi langsung ke Apple (tempat HP berasal)Garansi hanya berlaku di negara asalnya saja

Kalau ditanya, iPhone inter apakah aman?

Selama ini sih masih aman-aman saja ya. Sebelum kita membelinya, pastikan saja kalau iPhone tersebut garansi internasional. Pastikan juga seri yang dibeli sama, asli, baru, dan garansinya jelas.

Kalau yang inter itu biasanya masih baru, ada juga iPhone ex inter. HP iPhone ex inter ini biasanya adalah HP bekas tapi dari luar negeri.

iPhone ex inter ini biasa kamu temukan di penjual HP second. Biasanya, mereka nemawarkan iPhone bekas tapi bukan berasal dari Indonesia, melainkan bekas dari orang luar negeri sana.

iPhone ex inter ini kadang ada yang merupakan HP rekondisi atau refurbished. Jadi, mesti jeli kalau beli iPhone bekas ini ya.

Ciri-Ciri iPhone Inter

  • Tidak terdapat stiker kode produksi di box
  • Kepala charger masih yang tiga kaki
  • Terdapat buku panduan tapi tidak berbahasa Indoensia

iPhone Distributor

perbedaan iphone ibox dan ex inter
unsplash.com

iPhone distributor adalah iPhone yang masuk ke Indonesia lewat importir yang sudah resmi. Biasanya, iPhone jenis ini menyebut garansinya dengan “Garansi distributor”.

KelebihanKekurangan
Harga jual lebih murah dari yang lainnyaBiasanya garansi tidak lewat jalur resmi (pakai kartu garansi yang diberikan sendiri oleh distributor)
iPhone terbaru lebih cepat masuk IndonesiaProses mengurus garansi lama
Banyak iPhone yang rekondisi

Kalau kamu tertarik membeli iPhone distributor ini, harus hati-hati ya. Soalnya, ada yang menawarkan iPhone garansi distributor, ternyata HP bekas pakai yang sudah rusak atau rekondisi.

Ciri-ciri iPhone Distributor

  • Garansi Apple sudah kadaluarsa
  • Kadang ada cacat pada iPhone
  • Memakai aksesoris OEM atau KW

Cara Mengetahui iPhone iBox dan Inter

Cara cek perbedaan iPhone Ibox dan inter cukup mudah. Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, kamu bisa melihat bagian box, buku panduan, dan aksesorisnya.

Pada bagian box, iPhone iBox terdapat tanda hijau dan skiter garansi 1 tahun TAM. Kalau iPhone inter, maka hal tersebut tidak ada.

Buku panduan dari iPhone iBox ada bahasa Indonesia-nya. Kalau iPhone inter tidak terdapat bahasa Indonesia di buku panduannya.

Aksesoris yang ada pun bisa langsung kita gunakan untuk iPhone iBox. Jika iPhone internasional, maka aksesoris seperti charger harus menggunakan converter dulu, soalnya masih kaki tiga.

Cara cek perbedaan di atas mungkin sama juga untuk mengetahui iPhone ex iBox dan ex inter.

Selain itu, ada tambahan lagi nih buat membedakan iPhone.

Perbedaan Kode iPhone iBox dan Inter

Perbedaan kode yang dimaksud ini adalah kode negara ya. Untuk iPhone iBox, kode negara yang biasanya digunakan adalah PA/A atau ID/A. Kalau bukan kode tersebut, bisa jadi iPhone tersebut adalah HP inter.

Perbedaan iPhone Garansi iBox dan Internasional

cara membedakan iphone ibox dan inter
unsplash.com

Garansi iBox merupakan garansi resmi yang ada di Indonesia. Seperti yang disebut sebelumnya, iBox sendiri adalah reseller resmi produk Apple. Selain iBox, ada juga Digimap.

Berbeda dengan garansi internasional yang merupakan unit dari luar negeri terus dibawa ke Indonesia. Produk iPhone dengan garansi inter ini masih resmi dari Apple, tapi bukan produk yang dikhususkan untuk Indonesia.

Jadi, garansi internasional ini nggak bisa klaim garansinya di Indonesia. Kamu harus membawanya ke tempat atau negara iPhone tersebut dibeli.

Nah, kalau sudah punya iPhone, bisa pelajari nih cara melakukan screenshot di iPhone 11 dengan cepat.

Perbedaan iPhone iBox dan Bukan

Membedakan iPhone iBox dan ex inter atau jenis iPhone lainnya yang ada di pasaran sebenarnya mudah. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Tapi, garis besarnya, ada 4 macam perbedaan yang bisa dilihat.

  • Garansi – iPhone iBox memiliki garansi resmi dan bisa diklaim diseluruh outlet iBox di Indonesia. HP jenis lainnya tidak bergaransi resmi (kalau inter, resmi tapi harus diurus di negara tempat pembeliannya).
  • Kode Negara – iPhone ori dari iBox punya kode region untuk Indonesia (PA/A, ID/A, FE/A). iPhone lainnya baik itu ex inter atau yang lain kode regionnya bukan dari tiga kode tersebut (kecuali untuk distributor, mungkin saja sama).
  • SIM Card – iPhone iBox memungkinkan kita bebas menggunakan kartu SIM dari semua provider di Indonesia. Kalau ex inter, tidak ada jaminan kamu bisa menggunakan semua kartu.
  • Harga – iPhone ex inter tentu saja memiliki harga yang lebih murah daripada iPhone iBox.

Itu beberapa perbedaan iPhone iBox dan bukan. Kalau untuk perbedaan kamera iPhone iBox dan inter sepertinya masih sama saja kok. Kecuali kalau ex inter yang refurbish atau sudah diperbaiki dari produk rusak ya.

Penutup

Perbedaan iPhone iBox dan inter di atas semoga cukup membantu ya. Terus, kalau kamu mau beli iPhone inter, pastikan untuk melakukan klaim dan pendaftaran IMEI terlebih dahulu di Bea Cukai Indonesia saat masuk ke tanah air.

Fungsi dari pendaftaran IMEI ini agar iPhone kamu bisa menggunakan kartu SIM dari provider Indonesia. Jika IMEI tidak terdaftar, sinyal seluler tidak akan keluar di HP kamu.

Kamu bisa cek IMEI iPhone apakah sudah terdaftar atau belum lewat website resmi Kemenperin atau Bea Cukai.

Pertanyaan

Kenapa beli di iBox lebih mahal?

Beli di iBox lebih mahal karena kita mendapatkan pelayanan yang bagus dan garansi resmi. Kita juga bisa klaim garansi di seluruh iBox yang ada di Indonesia.

Apa kekurangan iPhone ex inter?

Kita dak tahu apakah kondisi iPhone ex inter ini masih bagus atau sudah di-rekondisi sehingga tampak baru.

Kenapa iPhone ex inter murah?

iPhone ex inter lebih murah karena masuk secara tidak resmi ke Indonesia. HP ini juga bisa jadi bekas dari pengguna di negara lain seperti Singapura, Malaysia, Jepang, dll.

Apa keuntungan beli iPhone di iBox?

Kita akan mendapatkan iPhone yang dijamin original dan dapat pelayanan resmi dari iBox. Garansi juga bisa diklaim diseluruh gerai iBox di Indonesia. Dan tentu saja, IMEI yang sudah terdaftar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.