aplikasi pengganti google play service

Aplikasi Pengganti Google Play Service

Apakah kamu memiliki masalah dengan Google Play Service? Dan kamu sedang mencari aplikasi pengganti Google Play Service?

Sepertinya kamu harus bersedih hati dan mengurungkan niat untuk mencari aplikasi pengganti Google Play Service deh. Soalnya, pengganti aplikasi ini tuh nggak ada.

Kenapa nggak ada? Kita bahas secara lengkap di sini ya, biar informasi yang didapatkan nggak setengah-setengah.

Apa itu Google Play Services?

Kita perlu tahu dulu nih pengertian dari Google Play Services itu apa, biar enak nantinya.

Google Play Services adalah sebuah aplikasi sistem di android yang membantu aplikasi lainnya di agar selalu termutakhir (update). Aplikasi ini akan memastikan bahwa semua aplikasi lain yang terpasang di HP kamu merupakan versi terbaru.

Apa Fungsi Google Play Services?

Aplikasi dari Google ini memiliki fitur utama yaitu untuk atutentisitas Google Services, sinkronisasi kontak, konfigurasi privasi pengguna terakhir, dan layanan berbasis lokasi dengan hasil yang tinggi menggunakan tenaga rendah.

Google Play Services juga akan meningkatkan pengalaman kamu dalam menggunakan aplikasi. Seperti misalnya mempercepat pencarian secara offline, menyediakan peta yang akurat, dan meningkatkan pengalaman dalam bermain game.

Kamu juga harus tahu, kalau Google Play Services ini nggak terpasang di HP, ada beberapa aplikasi yang tidak berjalan dengan baik.

Apa ada Aplikasi Pengganti Google Play Service?

Jawabannya, tidak ada.

Ya, nggak ada aplikasi pengganti Google Play Service, soalnya, android merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Google. Jadi, nggak ada aplikasi pengganti dari Google Play Services ini. Kecuali, kalau Google mengeluarkan versi yang berbeda ya.

Google Play Services VS Google Play Store

Aplikasi untuk jualan online
unsplash.com

Nah, tolong bedakan antara kedua aplikasi ini ya. Mungkin ada yang salah kaprah dan menganggap bahwa dua aplikasi ini sama.

Memang sih, pengganti layanan Google Play Services itu nggak ada. Tapi, kalau yang kamu cari adalah aplikasi pengganti Google Play Store, pastinya ada tuh. Kamu bisa mencarinya dan banyak kok bawaan dari HP, terutama Xiaomi yang sudah ter-install aplikasinya.

Download Google Play Service

Buat yang tiba-tiba Google Play Service-nya hilang atau terhapus, ada baiknya kamu download lagi yang beru deh. Tapi, kalau kamu mencari di Google Play Store, tentu nggak ketemu.

Kamu bias klik link download Google Play Service untuk men-download APK-nya.

Download Google Play Service Versi Lama

Menggunakan versi lama bagi sebagian orang lebih enak, soalnya lebih ringan dan sedikit error yang terjadi. Tapi, kamu perlu tahu nih, versi terbaru tentu masalah atau bug sudah diperbaiki.

Bug pada versi lama yang kadang bisa berbahaya bagi smartphone sudah diperbaiki. Jadi, pihak Google selalu menyarankan lebih baik meng-update versi Google Play Service kamu dari pada memakai versi yang lama.

Tapi, kalau kamu memang mau menggunakan versi yang lama, klik aja link yang tadi. Terus, pilih versi terdahulu. Tinggal download dan install aja deh.

Install Google Play Services

Cara install Google Play Services itu gampang kok. Ya seperti kalau kita install aplikasi android pada umumnya.

Pertama yang harus dilakukan adalah mencentaang pengaturan sumber tak dikenal yang ada di menu keamanan HP. Hal ini dilakukan agar proses instalasi yang dilakukan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Google Play Service Tidak Bisa Diinstal

Kadang, ada masalah ketika kita akan meng-install Google Play Services. Biasanya akan muncul error berupa Insufficeient storage available. Atau, bahasa Indonesia-nya itu penyimpanyan tidak cukup.

Kamu harus melakukan pembersihan data dan cache terlebih dahulu jika muncul error tersebut.

  1. Buka menu Setelan.
  2. Klik pilihan App / Instaled apps / Manage apps (berbeda nama, tergantung merk HP).
  3. Cari Google Play Service lalu klik.
  4. Setelah ketemu, masuk ke halaman app info > clear data, clear cache, atau stop paksa aplikasi baru tekan clear cache atau clear data.

Setelah kamu berhasil menghapus file data dan cache, tinggal install ulang saja Google Play Service dari APK yang sudah kamu download sebelumnya.

Tapi, kadang ada juga error lainnya lho. Misalkan saja error karena file APK corrupt atau aplikasi tidak compatible dengan smartphone milikmu.

Kalau kamu nggak ada masalah sama layanan Google ini, mungkin bisa di-update saja Google Play Services-nya.

Semoga informasinya membantu ya 🙂

Leave a Comment!