cara cek hp xiaomi asli

Cara Cek HP Xiaomi Asli

Cara cek HP Xiaomi asli atau palsu itu gampang banget. Membedakan antara handphone ori dengan replika cukup dengan kombinasi kode rahasia.

Kamu bisa mengecek keseluruhan HP xiaomi dengan cepat dan mudah.

Kenapa mesti dicek?

Tentu saja, karena brand Xiaomi, saat ini sudah sangat besar. Banyak banget pengguna smartphone yang menunggu-nunggu produk apalagi yang akan dikeluarkan brand ini.

Tapi, ternyata ada banyak isu beredar. Konsumen tertipu dan membeli handphone Xiaomi palsu.

Nah, karena itulah, kita perlu banget mengecek handphone Xiaomi asli atau palsu.

Untuk cara mengecek keaslian HP Xiaomi, kamu bisa melihat tips dan triknya di bawah ini. Ikuti saja tutorial dan langkah-langkahnya ya.

Cara Cek HP Xiaomi Asli dengan IMEI

Nomor IMEI merupakan kode yang ada disetiap perangkap handphone. Tentu saja termasuk HP Xiaomi.

Nomor IMEI ini akan berbeda-beda di setiap handphone. Nah, kamu bisa cek nomor IMEI untuk membuktikan produk yang kamu pegang itu asli atau palsu.

Cara mengecek HP Xiaomi asli atau replika menggunakan IMEI. Cara cek IMEI Xiaomi, kamu bisa ikuti langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama, pada dus HP, biasanya terdapat stiker atau label yang menunjukkan nomor IMEI HP yang ada di dalamnya. Simpan dulu nomor IMEI yang ada di dus tersebut.
  2. Kemudian, nyalakan HP Xiaomi dan ketikkan kode di USSD *#06#. Ketikkan kode tersebut seperti ketika kamu mau telpon seseorang.
  3. Cek nomor yang keluar, samakan dengan yang ada pada kardus.
  4. Samakan juga nomor IMEI dengan yang ada di body handphone. Karena, biasanya ada stiker yang menempel di HP yang menunjukkan nomor IMEI.

Cara Cek IMEI Xiaomi Terdaftar atau Tidak

Karena aturan IMEI sekarang ini, kamu juga perlu cek nih, apakah nomor IMEI HP kamu terdaftar di kementrian atau tidak.

Kamu cukup cek nomor IMEI yang ada di HP ke https://imei.kemenperin.go.id/. Kalau ada tulisan terdaftar, berarti HP kamu datanya sudah ada di kementrian.

Cara Cek HP Xiaomi Asli Secara Online

Cara ini sebenarnya juga menggunakan IMEI. Tapi, ini nggak ngecek terdaftar di Kemenperin, tapi di website dari Xiaomi. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama, cek dulu nomor IMEI HP kamu (ikuti cara di atas).
  2. Masuk ke https://www.mi.com/global/verify/#/en/tab/imei.
  3. Masukkan nomor IMEI ke kolom yang sudah disediakan.
  4. Isi kode verifikasi.
  5. Lali klik Verify.

Akan keluar tuh nama handphone Xiaomi kamu dengan spesifikasi RAM dan internal storage-nya. Warna HP Xiaomi juga disebutkan.

Kalau data yang keluar sama persis, berarti HP kamu asli. Jika munculnya beda, patut dipertanyakan tuh.

Selain di website Xiaomi, kamu juga bisa cek di https://www.imei.info/.

Test Hardware Pakai Kode Dial Up

Selain menggunakan IMEI, untuk membedakan HP Xiaomi asli dan KW atau replika, coba cek kinerja hardware di dalamnya. Ini merupakan cara mengecek HP Xiaomi asli dengan kode.

  1. Masuk ke menu Panggilan.
  2. Ketikkan kode rahasia *#*#64663#*#*.
  3. Setelah setelai memasukkan kode tersebut, kamu akan masuk ke halaman hardware test.

Ada beberapa pilihan hardware di perangkat HP kamu yang bisa diuji. Kamu bisa menguji semuanya untuk memastikan kalau HP yang ada di tanganmu bekerja dengan baik.

Cara Cek HP Xiaomi Asli Garansi TAM

Garansi TAM adalah garansi resmi yang dimiliki oleh HP Xiaomi. Kalau di kardus HP kamu ada stiker TAM (PT Telemata Artha Mandiri), HP kamu berarti garansi resmi, bukan distributor.

Untuk cek garansi TAM, tentu akan ada stiker TAM di kardus HP kamu.

Atau, bisa juga cek di website https://www.mi.com/global/verify/#/en/tab/imei. Gambar di atas itu saya memasukkan IMEI dari Redmi Note 3 yang merupakan HP dengan garansi distributor.

Kalau garansi resmi, tentu akan keluar hasil dengan tanda centang hijau.

Bisa juga kamu cek di http://buy.mi.com/id/registration. Masukkan nomor IMEI HP kamu, dan lihat hasilnya.

Cara Membedakan Xiaomi Asli dan Palsu

Cara membedakan HP Xiami yang asli dan palsu sebenarnya sudah bisa hanya dengan menggunakan cara di atas. Kamu bsia cek nomor IMEI, terdaftar tidak, cek hardware atau perangkat.

Tapi, ada cara lain untuk mengetahui perbedaan antara yang ori dengan KW.

1. Cek dengan Factory Reset

Kalau kamu beli HP Xiaomi dengan harga murah banget, perlu dicek tuh spesifikasinya. Apakah HP tersebut punya spesifikasi seperti yang ditawarkan atau tidak.

Misalnya saja kamu beli HP Redmi note 8 dengan harga 1 jutaan. Padahal pasarannya lebih mahal dari itu. Takutnya, jeroan dari HP tersebut ternyata punya Redmi 1S, kan bisa aja.

Cara mengetahui perbedaan yang asli dan palsu adalah dengan melakukan factory reset. Gunanya, agar aplikasi yang ter-install untuk mengakali spesifikasi di HP terhapus.

Setelah di-reset pabrik, install lagi aplikasi semacam CPU-Z, Antutu, dan Sensor Box. Aplikasi-aplikasi tersebut untuk melihat hardware atau jeroan HP.

Cek satu-satu, bener nggak nih HP yang ditawarkan spesifikasinya sama kayak yang ada.

2. Cek Sistem Operasi

Xiaomi itu biasanya menggunakan MIUI, dan untuk HP asli, biasanya akan mendapatkan versi yang stabil.

Kamu bisa cek MIUI apa yang ada di handphone kamu. Kalau tertulis stable, bisa dipastikan itu HP asli. Tapi, kalau ROM MIUI-nya versi berat, pasti itu handphone KW deh.

3. Cek Layar Touchscreen

Layar di HP asli terlihat cerah dan jernih. Berbeda dengan handphone palsu yang kelihatan kekuningan. Tapi mengecek perbedaan layar touchscreen ini sulit banget sih, soalnya mirip.

4. HP Asli Dijual di Official Store

Ini yang paling gampang sih membedakan HP Xiaomi asli dan palsu.

Kalau kamu beli di official store atau toko resmi Xiaomi, bisa dipastikan HP yang dibeli adalah asli.

Toko resmi ini ada yang offline ataupun online. Kalau offline, Mi store biasanya ada di mall. Coba aja cari di kota kamu, ada nggak Mi store-nya.

Atau, bisa juga online. Xiaomi punya official store di marketplace seperti Lazada dan Shopee kok. Beli aja di official store tersebut. Ada jaminan asli sih harusnya.

Kalau beli HP bukan di official store, baca dulu deskripsi dan review dari para pembeli. Kamu bisa tahu HP yang dijual itu rekondisi, palsu, KW, garansi distributor atau apa.

Penutup

Gimana? HP Xiaomi yang kamu pegang sekarang asli atau palsu nih?

Cara cek HP Xiaomi asli di atas bisa kamu gunakan untuk mengecek hampir semua seri HP Xiaomi ya. Mulai dari Redmi 4x, 5A, 6A, Note 7, Note 8, Mi A1, Mi A2, dan seri lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Sampai jumpa lagi 🙂

Leave a Comment!