cara mengunci jaringan 4g

Cara Mengunci Jaringan 4G

Kamu mencari cara mengunci jaringan 4G? Pas banget nih, sekarang kita bakalan bahas masalah yang kamu hadapi itu.

Memang sih, jaringan yang paling cepet saat ini dan koneksinya cukup stabil adalah 4G. Dengan tetap berada pada jaringan 4G, tentu akses internet kita akan lebih cepat.

Tapi, biasanya, HP kita menurunkan ke jaringan di bawah 4G, bisa 3.5G atau HSDPA, atau ke yang bawah ketika koneksi tidak stabil. Nah, pasti kamu pengen kan tetap berada di jaringan yang lurus, eh jaringan 4G maksudnya.

Cara Mengunci Jaringan 4G di HP Android

Berikut ini ada beberapa cara mengunci jaringan 4G di handphone kamu.

1. Gunakan *#*#4636#*#*

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan dial *#*#4636#*#*

Pertama, buka menu untuk membuat panggilan telepon.

Kemudian, ketikkan *#*#4636#*#*

Setelah selesai mengetik dial tersebut, kamu akan dibawa masuk ke menu Device information, Usage statistic, dan Wi-Fi information.

Kalau di HP saya, munculnya Informasi telepon1, Informasi telepon2, dan Wi-Fi information (tampilan ini beda-beda tiap HP ya, harap maklum, hehehe)

Nah, kamu pilih Device information.

Setelah klik Informasi telepon1, HP saya muncul tampilan seperti ini

Cari Set preferred network type.

Lalu pilih LTE only.

Udah deh, selesai.

Ketika kamu setting ke LTE only, dipikir-pikir dulu ya. Sebab, ketika jaringan hanya LTE saja, maka handphone kamu jadi nggak bisa buat nerima panggilan telepon dan sms.

Seperti HP yang saya gunakan ini (Redmi Note 7). Setingan LTE only ternyata tidak ada di handphone saya. Jadi, saya memilih setingan yang paling atas agar tetap 4G.

Soalnya, memang ada beberapa HP yang tidak bisa diseting LTE only. Jadi, ya gunakan jaringan yang tetap cepat saja kalau begitu, hehehe.

Cara ini, ternyata sekarang tidak bisa digunakan di HP Samsung lho. Soalnya, Samsung sudah memblokir pengaturan device lewat dial tersebut. Jadi, kalau kamu pengguna HP Samsung J2 Prime dan lainnya, coba cara berikutnya ya.

2. Gunakan Aplikasi 4G LTE Switcher

Cara kedua ini cukup mudah, kamu hanya perlu pergi ke Playstore, lalu install aplikasi 4G LTE Switcher.

Sebenarnya, aplikasi ini cara mudahnya dari yang pertama tadi. Tapi, ada juga yang menggunakan dial di atas, tapi tertnyata nggak muncul device information-nya. Maka dari itu digunakanlah aplikasi yang satu ini untuk mempermudah.

  1. Install terlebih dahulu aplikasi 4G LTE Switcher di smartphone kamu.
  2. Lalu buka aplikasi tersebut.
  3. Setelah dibuka, maka akan muncul menu seperti langkah menggunakan dial pada cara pertama.
  4. Kamu tinggal ikuti saja langkah seperti cara di atas ya.

Ada hal penting yang perlu kamu ketahui nih. Mengunci jaringan jadi 4G ini hanya bisa dilakukan pada SIM1. Jadi, sebelum melakukan cara ini, pastikan kamu memindahkan kartu SIM kamu ke slot satu ya.

Mudah bukan cara mengunci 4G pada handphone android?

Kamu bisa melakukan cara di atas untuk merk HP apapun lho, bahkan merk HP paling baik sedunia. Bisa pakai Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo, Realme, Lenovo, Asus, dan merk lainnya. Kalau pakai iPhone saya nggak tau ya, hehehe.

Cara ini juga bisa digunakan untuk banyak provider. Mau kamu pakai Telkomsel, Smartfren, Tri, Indosat, Axis, XL, dan provider lainnya. Tinggal coba praktekkan saja langkah-langkah di atas.

Selamat mencoba, semoga berhasil ya 🙂

Leave a Comment!