Nama File Sampah di Android dan Cara Membersihkannya

Nama file sampah di Android itu apa saja sih? Informasi ini mungkin biasa, tapi, kalau kita nggak tau file sampah di HP, penyimpanan kita bakal penuh dengan data tidak berguna.

Udah menuh-menuhin, file sampah ini biasanya sulit ditemukan. Makanya, kita akan bahas nama dan cara menemukan file sampah. Terus cara menghapus file tersebut baik manual atau dengan aplikasi.

Simak artikel ini sampai habis biar sampah di smartphone kamu nggak menumpuk ya.

Apa itu File Sampah Android?

Sebenarnya, apa sih file sampah itu? Kenapa bisa ada di handphone kita?

File sampah adalah file sementara yang memang dibuat oleh smartphone kita agar kinerjanya lebih optimal. Seperti misalnya membuka dokumen, aplikasi, melihat gambar, dan menjelajah internet.

File-file tersebut akan sangat berguna ketika kita menggunakannya. Tetapi, setelah digunakan, file itu bakal jadi file sampah di sistem. Hal ini dapat membuat memori penuh dan kinerja HP jadi menurun.

Macam-Macam File Sampah di HP Android

nama file sampah di android
voi.id

Ternyata, ada beberapa jenis file sampah yang ada di smartphone kita lho. Sebelum kita masuk ke pembahasan nama file sampah di Android, cari tahu dulu jenis-jenis file-nya ya.

1. File Cache Aplikasi

Umumnya, file sampah di Android itu adalah berupa cache dari aplikasi yang ter-install di HP. Standarnya, cache akan terhapus otomatis sesuai dengan pengaturan aplikasi (biasanya 1 pekan).

Tapi, jika terlalu banyak file cache, maka file-file tersebut akan terus menumpuk dan berdampak pada penyimpanan internal yang berkurang.

Contohnya saja aplikasi seperti Instagram, Facebook, atau Tiktok. Aplikasi media sosial ini akan menyimpan cache setelah kita menonton video. Semakin banyak video yang ditonton, tentu ukuran file cache juga akan meningkat.

2. Folder Kosong

Di dalam ponsel kita, biasanya ada folder kosong. Ada kan pasti yang bikin folder untuk nyembunyiin file rahasia. Padahal itu nggak ada gunanya lho.

Soalnya, sekarang ini banyak aplikasi pelindung berkas untuk privasi. Seperti puynya Samsung misalnya, ada fitur namanya Folder Aman buat jaga privasi berkas kita dari publik.

Biasanya, folder kosong ini berukuran 1 Kilo Byte. Itu satu, kalau ada banyak, tentu akan membebani smartphone dan menyebabkan HP jadi lemot.

3. Folder Tidak Terpakai

Folder tidak terpakai ini biasanya adalah sisa aplikasi yang di-uninstall, jadi nggak kepakai lagi. Kadang, aplikasi pembersih juga nggak bisa ngedetek folder kayak gini, jadi kita perlu hapus secara manual.

4. Sampah Galeri

Kadang, foto dan video yang sudah dihapus itu nggak benar-benar terhapus lho, ada yang dipindahkan ke bagian sampah. Saat ini, sudah banyak fitur sampah di galeri. Tentu saja fitur ini akan membantu kalau kita tidak sengaja hapus file.

Tapi, kadang kan kita butuh penyimpanan yang lega ya ketika akan mengambil gambar atau video. Nah, kalau memang memori penyimpanan sedikit, kamu bisa cek pada sampah di galeri, mungkin ada video atau foto yang masih tersimpan di sana.

5. Folder LOST.DIR

Pada OS Android Kitkat ke bawah, folder LOST.DIR masih digunakan. Folder ini digunakan ketika ada file yang tiba-tiba terhapus oleh sistem. Tapi, nggak tau deh sekarang masih dipakai atau tidak.

Nah, kalau tiba-tiba ada file jenis gambar atau video ada yang hilang, bisa jadi masuk ke folder LOST.DIR ini. Ukuran folder ini bisa jadi besar ya, tergantung seberapa banyak file yang hilang akibat galat sistem.

6. File dan Folder Tersembunyi

Nama file sampah di Android selanjutnya ada file dan folder tersembunyi.

File dan folder jenis ini sebenarnya mirip dengan folder yang tidak terpakai. Soalnya, jenis file ini tuh akan tetap ada di dalam HP walaupun aplikasi sudah dihapus.

Salah satu cara untuk mengecek manual adalah dengan file manager advanced. Contoh aplikasinya seperti X-Plore atau ES File Manager.

7. Sisa Unduhan

Setelah mengunduh file dari internet, kadang kita lupa kalau ternyata file itu nggak penting. Contohnya file APK.

Setelah aplikasi terpasang, tentu file unduhan jadi nggak berguna. Tapi, kalau di HP kamu sudah ada aplikasi pembersih, kadang ada notif untuk menghapus berkas APK yang sudah di-install kok.

8. Penyimpanan pada Browser

Ketika kita berselancar menggunakan browser akan ada data tambahan yang dimuat browser tersebut. Data itu adalah cache dan cookies.

Keduanya memang nggak begitu berpengaruh di performa HP kita. Tapi, sangat memengaruhi penyimpanan di smartphone.

Kamu bisa cek pengaturan browser, biasanya ada opsi untuk menghapus cookies, cache, riwayat penelusuran, dll.

9. Berkas dari Aplikasi Chat

Pengguna aplikasi chat seperti WhatsApp biasanya men-download berkas berupa gambar, video, atau dokumen. File-file ini akan tersimpan di dalam HP dan bisa dikelalo melalui galeri.

Kalau berkas yang disimpan ada banyak, pastinya bakal bikin penyimpanan jadi berkurang banyak juga. Jadi, jika ada nama file sampah di Android berupa download-an dari aplikasi chat yang tidak penting lagi, bisa dihapus saja.

10. File Corrupt

File jenis ini merupakan berkas yang pernah kita unduh tetapi gagal. Bisa karena jaringan putus atau internet tidak stabil. File yang gagal tadi jadinya nggak 100% selesai di-download, sehingga tidak berguna dan jadi sampah.

Baca juga: Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android dengan Mudah

Cara Melihat File Sampah di Android

cara melihat file sampah di android
teknoreview.net

Bagaimana cara melihat nama file sampah di Android?

Buat yang punya HP Xiaomi, Oppo, Realme, Vivo, Samsung, Sony dan handphone Android lainnya, berikut ini cara untuk mengetahui letak folder sampah di Android.

Berikut ini cara melihat nama file sampah di Xiaomi atau smartphone Android kamu dengan merk lain.

1. Menggunakan Manajemen Aplikasi

Fitur manajemen aplikasi ini ada di semua smartphone, tapi bisa saja namanya berbeda-beda, tergantung merk dan jenis HP-nya.

Kalau kamu menggunakan manajemen aplikasi, maka kita hanya bisa melihat file sampah per aplikasi yang ter-install di handphone.

Contohnya kita malau lihat cache di Whatsapp ya. Salah satu aplikasi yang banyak menyimpan cache atau file sampah. Ikuti langkahnya berikut ini.

  1. Buka pengaturan telepon
  2. Masuk ke manajemen aplikasi
  3. Pilih Whatsapp
  4. Lalu klik penggunaan penyimpanan
  5. Kemudian pilih cache

Ketika sudah masuk ke dalam cache, kamu bisa melihat sebagian besar file sampah. Terus, kamu juga bisa menghapusnya.

2. Pakai Manajer File

Manajer file atau bisa juga disebut file manager bisa juga digunakan untuk melihat file sampah.

Kamu bisa mencari-cari file yang dianggap sampah ataupun tidak. Tapi jangan sembarangan hapus ya. Soalnya ada file yang tidak boleh dihapus di Android.

Kalau kita sembarangan hapus, takutnya malah menghapus file sistem. Dan itu tentu akan memengaruhi kinerja dari smartphone kita.

Kesimpulan

Jadi gimana? Apa saja nama file sampah di Android yang sudah kamu ketahui?

Ada beberapa file sampah yang ada di HP Android, seperti file cache, folder kosong, folder tidak terpakai, sampah galeri, folder LOST.DIR, dan masih ada beberapa lagi.

Kita nggak bisa sembarangan hapus file-file tersebut ya. Kalau mau gampang, mending gunakan aplikasi untuk bersihin cache aja. Jadi kita nggak perlu manual hapusin file-nya satu per satu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.