cara menyambungkan laptop ke tv

Cara Menyambungkan Laptop ke TV

Apakah ada cara menyambungkan laptop ke TV? Terus, apakah harus TV LCD ataupun televisi yang baru saja? Bagaimana dengan TV tabung, apa bisa disambungkan ke laptop?

Menyambungkan laptop ke TV itu bukan hal yang sulit. Kamu bisa melakukannya dengan berbagai cara. Bisa pakai kabel HDMI, VGA, atau bahkan tanpa kabel sekalipun.

Kalau pakai kabel, tentu kamu harus menyiapkan perlengkapannya. Begitupun tanpa kabel ya, ada perangkat tambahannya. Kecuali, kalau televisi milikmu adalah TV digital atau smart TV. Biasanya sudah ada perangkat khusus di dalamnya.

Yaudah, langsung aja kita ke inti dari artikel ini ya.

Cara Menyambnungkan Laptop ke TV dengan Kabel HDMI

kabel hdmi
pixabay.com

Pada teknologi televisi yang sekarang, sebagian besar sudah menggunakan TV LED. Nah, jenis TV ini tuh biasanya sudah dibekali dengan colokan HDMI.

HDMI merupakan port yang sudah disematkan ke dalam sebuah televisi LED. Jadi, kita nggak perlu ribet kalau mau menyambungkan laptop atau komputer ke televisi.

Terus bagaimana sih cara menyambungkan laptop ke TV memakai kabel HDMI? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pastikan kamu menggunakan laptop yang ada port atau colokan untuk HDMI. Begitu juga dengan TV-nya ya, harus ada port untuk HDMI.
  2. Setelah itu, nyalakan laptop dan TV yang akan dihubungkan.
  3. Ambil kabel HDMI dan colokkan ke port yang ada di laptop dan TV.
  4. Lalu pilih input HDMI yang ada di TV (biasanya bisa dengan menekan tombol AV pada remote TV).
  5. Jika sudah, biasanya akan secara otomatis tersambung antara laptop dan televisi.
  6. Tapi, kalau belum terkoneksi, kamu bisa setting manual. Masuk ke Control Panel > Display > Adjust Resolution > Pilih TV yang ada di Display drop down box.

Dengan menggunakan kabel HDMI, kamu bisa menghadirkan gambar dengan kualitas HD.

Kelebihan lain dari HDMI juga bisa membaca file dalam bentuk audio ataupun video.

Jadi, kamu bisa menggunakan cara di atas untuk menonton film dengan kualitas gambar yang baik.

Cara Menyambungkan Laptop ke TV dengan Kabel VGA

kabel vga
pixabay.com

Lah, ini kok pakek kabel juga sih?

Eits, HDMI dengan VGA itu berbeda ya. Kita bahas sedikit mengenai dua kabel ini ya.

Teknologi kabel VGA ini sudah lama ada dan hadir sebelum HDMI. Penggunaan kebel VGA juga sama, bisa untuk menyambungkan laptop ke TV. Biasanya, Kabel VGA digunakan untuk televisi jadul atau tua yang nggak ada port HDMI.

Nah, kamu harus membeli kabel VGA terlebih dahulu ya sebelum menggunakannya.

Perbedaan lain dengan kabel HDMI adalah, kabel VGA hanya bisa mengeluarkan gambar tanpa audio. Jadi, suara tetap keluar di laptop, tidak di TV.

Biasanya, setelah dicolokkan ke TV dan laptop, secara otomatis layarnya akan terhubung. Tapi, kalau memang belum tersambung, berikut ini cara manual yang bisa kamu lakukan.

  1. Nyalakan laptop dan TV terlebih dahulu (pastikan keduanya ada port VGA-nya ya).
  2. Sambungkan kabel VGA ke laptop dan TV.
  3. Kalau gambar dari layar laptop belum keluar di TV secara otomatis, kamu harus setting manual. Masuk ke Control Panel > Display > Adjust Resolution > Pastikan kamu memilih TV di Display drop down box.

Seharusnya, gambar dari latop sudah bisa muncul di layar televisi kamu. Tentu hanya gambar saja ya, karena kita menggunakan kabel VGA. Kalau mau suara keluar di TV juga, maka perlu kabel tambahan untuk audio.

Cara Menyambungkan Laptop ke TV Tabung dengan Kabel RCA

pixabay.com
pixabay.com

Buat kamu yang hanya punya TV tabung, jangan bersedih hati. Masih bisa kok menyambungkan laptop kamu ke televisi tabung.

TV tabung biasanya hanya memiliki port jadul yaitu AVI / RCA. Padahal, laptop itu nggak ada port RCA untuk display output.

Untuk menghubungkan laptop ke TV tabung, maka dibutuhkan alat tambahan. Alat yang dibutuhkan adalah HDMI to AVI. Alat ini akan mengubah input HDMI menjadi output AVI / RCA.

Buat yang penasaran caranya, langsung saja simak video di bawah ini ya.

Menyambungkan Laptop ke TV Tanpa Kabel

chromecast

Cara berikutnya adalah menyambungkan laptop ke TV menggunakan Wifi. Cara ini membutuhkan alat tambahan. Tapi, dengan alat tersebut, kamu bisa menghubungkan laptop dan TV secara wireless lho.

Alat yang kamu butuhkan itu namanya Chromecast. Salah satu produk keluaran Google yang cukup menarik buat dicoba.

Untuk lebih jelasnya, simak tutorial-nya di bawah ini ya.

  1. Sambungkan Chromecast dengan kabel ekstensi HDMI pendek yang sudah ada dalam kemasan. Lalu, sambungkan alat ini ke port HDMI yang ada di TV. Jangan lupa, hubungkan juga Chromecast ke port USB yang ada di televisi.
  2. Kemudian, nyalakan TV. Kalau Chromecast nggak terdeteksi di TV, coba pindah ke input yang lainnya. Kamu bisa juga menggunakan remot untuk memilih input HDMI yang sesuai dengan port Chromecast terhubung.
  3. Setelah itu, masuk ke website Chromecast (google.com/chromecast/setup) dan install Chromecast pada laptop atau PC kamu.
  4. Kalau sudah di-install, Set-up Chromecast dan hubungkan ke jaringan Wifi. Setelah itu, tinggal ikuti panduan yang ada.
  5. Akan ada kode verifikasi, masukkan saja kode tersebut ke TV.

Itu dia cara menyambungkan laptop ke TV tanpa kabel. Kamu sebenarnya bisa menggunakan alat lain selain Chromecast.

Ada banyak kok alternatif yang lebih murah, misalnya saja Anycast. Alat ini bisa banget untuk mirror laptop bahkan HP ke TV, kalau nggak salah istilahnya itu miracast.

*Ada tambahan nih sedikit

Setelah mengakses website Chromecast, sekarang hanya difokuskan ke HP atau tablet saja sepertinya. Sebab, kita diberi pilihan untuk men-download aplikasi Google Home setelah masuk ke website yang sudah disebutkan itu.

Penutup

Nah, itu dia cara menyambungkan laptop ke TV yang bisa kamu coba. Setiap merk TV tentu punya pengaturannya sendiri ya. Beda antara LG, Samsung, Polytron, Sony, Xiaomi, Coocaa, dan brand lainnya.

Oia, kalau kamu pakai smart TV, biasnya sudah ada build-in alat untuk mirroring layar ke televisi tersebut. Kamu kulik-kulik aja tuh, siapa tahu nemu cara mudahnya kan ya, hehehe.

Semoga bermanfaat ya, sampai jumpa lagi :}

Leave a Comment!