Layanan Google Play terhenti

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

Kenapa layanan Google Play terhenti ya di HP aku?

Apakah kamu pernah bertanya seperti itu? Sebuah notofikasi yang mengatakan kalau Google Play tiba-tiba terhenti. Padahal, kita nggak ngapa-ngapain dan nggak buka aplikasi Google Play.

Memang, kejadian seperti ini bisa terjadi di HP android manapun. Bisa kejadian di Samsung, Xiaomi, Asus, Lenovo, tapi tidak di iPhone. Ya iya dong, kan iPhone nggak pakai Google Play, hehehe.

Kita akan bahas secara lengkap, kenapa layanan Google Play terhenti.

Kenapa Layanan Google Play Terhenti?

Penyebab berhentinya Google Play Service terhenti ada beberapa hal. Biasanya, problem seperti ini terjadi karena sistem di smartphone kamu. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa hal yang menyebabkan terhentinya layanan dari Google ini.

Menumpuknya File Cache

File cache merupakan junk files yang sebenarnya tidak dibutuhkan ada di dalam HP. Lama kelamaan, file sampah ini akan menjadi banyak jumlahnya dan menumpuk di smartphone milikmu.

Kalau cache sudah banyak, kadang bisa menyebabkan error di HP. Nggak cuma Google Play aja yang error, tapi aplikasi lainnya juga bisa kena.

Adanya Bug

Sebenarnya, bug ini ada disebuah aplikasi yang kita install di HP. Karena adanya bug tersebut, efeknya bisa mempengaruhi sistem. Hal ini biasanya terjadi ketika kamu install aplikasi yang berhubungan dengan sistem ya.

Nggak Update

Sebenarnya, Google Play Services yang ter-install di HP kamu itu otomatis melakukan update. Tapi, ada juga kejadian yang membuat aplikasi ini nggak update otomatis.

Bisa jadi, karena kamu melakukan perubahan pengaturan, sehingga update otomatis jadi nggak berjalan.

Tidak Kompatibel

Bisa jadi, layanan Google Play terhenti karena versi android kamu tidak kompatibel dengan aplikasi Google Play Services.

RAM Penuh

RAM yang penuh tentu saja akan mengganggu aktivitas multitasking sebuah smartphone. Seperti menyebabkan lambat diakses, lag, dan kadang muncul pesan error Layanan Google Play.

Mungkin masalahnya ringan ya, nggak terlalu berat-berat amat. Begitu juga dengan cara mengatasinya, cukup mudah dilakukan kok.

Cara mengatasi layanan Google Play terhenti
support.google.com

Cara Mengatasi Layanan Google Play Terhenti

Solusi untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Lakukan Restart

Cara pertama yang paling mudah dilakukan adalah dengan muat ulang smartphone milik kamu.

Kamu bisa melakukan cara ini terlebih dahulu sebelum mencoba cara lainnya. Sebab, me-restart HP ini paling mudah dilakukan dan nggak butuh waktu lama.

Jadi, ketika ada notifikasi layanan Google Play terhenti, segera restart HP. Dengan melakukan restart, maka akan membersihkan memori di dalam sistem.

Banyak yang sudah mencoba cara ini dan alhamdulillah berhasil. Tapi, kalau ternyata masih ada notifikasi yang muncul, maka kamu bisa mencoba metode lain di bawah ini.

2. Hapus Cache di Layanan Google Play

Kita akan menghapus file sampah yang menumpuk di aplikasi Layanan Google Play. Untuk caranya, ikuti panduan berikut ini.

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Setelah itu, pilih Aplikasi dan masuk ke menu Layanan Google Play (Google Play Services).
  3. Pilih opsi Penyimpanan lalu klik Hapus Memori atau Hapus Cache.

Dengan menghapus cache di Layanan Google Play, diharapkan, error yang terjadi bisa hilang dan HP kembali normal.

3. Hapus Data di Google Play Services

Kalau menghapus cache Google Play Services masih belum berhasil juga, coba lakukan hapus data.

Caranya mirip kok, ikuti saja langkah berikut ini.

  1. Buka menu Setelan.
  2. Lalu pilih Aplikasi.
  3. Klik Layanan Google Play.
  4. Setelah masuk, pilih Hapus Data.

Dengan menghapus data di aplikasi ini, kamu menghapus semuanya, mulai dari junk files sampai file konfigurasi yang tersimpan di dalam aplikasi Google Play.

Melakukan clear data ini semoga saja bisa mengatasi error yang terjadi. Selain itu, kamu bisa membersihkan memori internal lho. Karena, biasanya data yang tersimpan untuk aplikasi Google Play Services ini bisa sampai 500 MB sendiri.

4. Copot Update Layanan Google Play

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Google Play itu punya fitur update otomatis. Jadi, aplikasi ini akan melakukan update dengan sendirinya.

Tapi, biasanya, ada bug ataupun masalah ketika melakukan update tersebut.

Untuk mengatasi masalah karena hal tersebut, kamu bisa mengembalikan versi Google Play ke yang lama.

Caranya gimana? Ikuti langkah berikut ini.

  1. Pertama, buka menu Setelan.
  2. Pilih menu Aplikasi.
  3. Klik Layanan Google Play.
  4. Lalu, pilih opsi Uninstall Update.
  5. Kemudian klik OK.
  6. Setelah itu, Restart HP kamu.

Cara di atas ini hanya akan menghapus pembaruan yang ada di aplikasi Google Play Service. Jadi kamu nggak perlu khawatir kalau aplikasinya hilang ya.

5. Reset Ulang

Kalau menggunakan cara di atas masih sering muncul error juga, sepertinya ini cara terakhir yang bisa kamu lakukan, flash ulang HP kamu.

Ya, dengan me-reset handphone, maka semua aplikasi, data, dan segala yang sudah terpasang di HP akan kembali ke mode awal kamu pertama beli.

Sehingga, dengan kembali seperti semula, diharapkan tidak akan muncul error Unfortunately Google Play Services Has Stopped”.

Metode ini sangat efektif dan ampuh menghilangkan kerusakan pada layanan Google Play.

Gimana caranya?

  1. Masuk ke menu Setelan.
  2. Cari menu Cadangkan dan Setel Ulang.
  3. Pilih Kembalikan ke Setelan Pabrik.

Tinggal tunggu deh smartphone kamu melakukan tugasnya dengan baik.

Oia, perlu diingat ya. Karena semua data akan hilang, lebih baik kamu melakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukan reset ini. Terutama file yang ada di memori internal.

Biar kamu nggak kebingungan kok file yang penting hilang tanpa jejak.


Semoga, layanan Google Play terhenti di HP kamu segera hilang ya, aamiin.

Biasanya, kejadian ini terjadi di HP Samsung Galaxy V, A3, J3 Pro, J5, Grand Prime, J7, J1 Ace, J2 Prime, Lenovo, Asus Zenfone 4, dan HP lainnya.

Selamat mencoba melakukan cara-cara di atas sendiri ya. Kalau memang pemberitahuan terhentinya layanan tersebut masih belum hilang, mungkin kamu harus membawanya ke service center deh.

Biar mereka aja yang memulihkan handphone kamu sampai bener-bener fix. Semoga HP kamu lekas sembuh ya 🙂

Leave a Comment!