cara masuk bios lenovo dengan mudah

Cara Masuk BIOS Lenovo

Masuk BIOS Lenovo itu caranya mudah banget lho.

Kamu belum tahu? Mari kita belajar bersama-sama 🙂

Siapa sih yang nggak kenal Lenovo?

Salah satu brand elektronik terkenal yang memproduksi berbagai macam perangkat. Seperti komputer, laptop, smartphone, monitor, dan perangkat lainnya.

Tapi, kita nggak bakal ngomongin semua produk dari Lenovo. Kita akan membahas salah satu fitur yang mungkin banyak orang kebingunan.

Apa itu?

Seperti judulnya, bagaimana cara masuk BIOS laptop Lenovo.

Cara Masuk Ke BIOS Laptop atau Komputer Lenovo

masuk bios lenovo
unsplash.com

Umumnya, untuk masuk ke BIOS pada laptop menggunakan tombol fungsi. Contohnya seperti f2 atau f3. Tapi, ada juga yang menggunakan tombol delete. Semua tergantung merk dari laptop yang kamu gunakan.

Nah, kalau untuk Laptop Lenovo gimana?

Agar bisa masuk ke BIOS Lenovo, entah itu seri B40, G40, V310, IdeaPad (100, 110, 300, 320, 330), ThinkPad (140E, L412, T410, T61), atau seri yang all in one, tutorialnya sedikit berbeda.

Langkah-langkahnya bisa kamu ikuti di bawah ini ya.

  1. Nyalakan laptop Lenovo terlebih dahulu.
  2. Saat booting, tekan kombinasi tombol fn + f1 bersaman. Cara ini biasanya digunakan untuk masuk BIOS Lenovo ThinkPad.
  3. Atau, bisa juga kombinasi fn + f2 secara bersama. Kalau kombinasi tombol ini biasanya untuk laptop Lenovo G405 atau G series.
  4. Bisa juga hanya menekan tombol f1 yang biasanya untuk laptop seri IdeaPad.
  5. Tekan tombol tersebut berkali-kali sampai masuk ke BIOS.

Setelah masuk BIOS laptop, kamu bisa melakukan konfigurasi hardware. Tapi ingat, hati-hati melakukannya ya.

Peringatan: Buat kamu yang belum terbiasa, sebaiknya jangan sembarangan mengakses BIOS. Soalnya, jika salah melakukan konfigurasi, bisa-bisa terjadi kegagalan sistem karena hardware dan BIOS tidak kompatibel. Hati-hati ya!

Ingat betul ya peringatannya. Takutnya, komputer atau laptop kamu nanti hang lho. Kalau punya masalah tersebut, ada cara mudah mengatasi hang kok.

Navigasi di BIOS

Jika kamu sudah masuk ke dalam BIOS, mouse atau trackpad tidak bisa digunakan. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan tombol di keyboard.

Tombol up & down digunakan untuk berpindah dari menu yang ada di atas ke bawah. Tombol left & right untuk pindah menu dari kiri ke kanan.

Enter digunakan untuk mengeksekusi perintah, sedangkan esc untuk membatalkan perintah. Tombol f10 di keyboard digunakan untuk Save & Exit.

Kesimpulan

Gampang kan masuk BIOS Lenovo?

Buat kamu yang nggak tau mau ngapain di BIOS, sebaiknya nggak usah dilakukan. Urungkan niatmu wahai anak muda, hehehe. Kecuali kalau kamu memang ada keperluan di BIOS sih oke-oke aja, yang penting hati-hati ya.

Ikuti petunjuk dan perhatikan konfigurasi yang kamu lakukan.

Semoga informasinya bermanfaat ya. Sampai jumpa 🙂

Leave a Comment!