cara membuat desain feed instagram

Cara Membuat Desain Feed Instagram

Cara membuat desain feed Instagram yang menarik itu ternyata gampang lho. Kamu bisa menentukan mau buat feed yang kekinian, gaya retro, aesthetic, ataupun lainnya.

Untuk membuat postingan di Instagram jadi lebih keren itu tetep butuh usaha. Kalau cuma asal posting aja tentu hasilnya akan biasa-biasa saja.

Maka dari itu, kamu perlu juga belajar membuat desain feed instagram yang keren. Biar akun Instagram kamu berbeda dari yang biasanya, hehehe.

Sebelum kita belajar membuat desain yang bagus, kita harus terlebih dahulu tahu tentang feed Instagram ini. Kita pelajari dulu style feed Instagram, tips membuat feed jadi lebih bagus, dan aplikasi desainnya.

Baru setelah itu, kita pelajari cara membaut desain feed Instagram.

Macam-macam Feeds Instagram

Ada beberapa macam feed Instagram atau bisa disebut dengan style feed Instagram. Dengan mengikuti style yang ada, kamu bisa membuat akun Instagram milikmu tampak berbeda.

Kamu bisa mencontoh style yang ada di bawah ini. Atau, bisa juga menggabungkannya agar menjadi style yang berbeda.

1.Baris

ide feed instagram baris

Style yang pertama ini berupa baris yang sama. Jadi, desain feed kita akan rapi dengan membentuk baris rapi.

Menggunakan gaya ini, tentu saja sangat tergantung sama modul 3×3 milik Instagram. Kalau kamu bukan orang yang konsisten dan sekali post harus 3 gambar, lebih baik jangan gunakan style ini, hehehe.

2. Garis Tengah

cara membuat desain feed instagram garis tengah

Selain membentuk baris, kamu juga bisa membuat desain feed menjadi sebuah garis tengah. Seperti contoh pada gambar di atas misalnya, ada garis tengah pada feed dengan gambar yang berbeda.

Tentu kamu juga harus memposting 3 foto sekaligus agar feed Instagram kamu tetap rapi. Jika ada 1 foto yang ingin dihapus, hapus juga 2 foto lainnya.

3.Persegi panjang

feed instagram keren berbentuk persegi panjang

Untuk membuat postingan dengan bentuk persegi panjang, maka kamu perlu menambahkan bagian putih di bawah dan atas foto.

Jadi, kamu perlu mengedit foto dan memberikan bagian putih. Tapi ingat, pastikan fotonya punya rasio atau ukuran yang sama ya. Jadi, ketika diposting di feed Instagram, hasilnya akan keren.

4. Bingkai Putih

bikin feed instagram ada bnorder putih

Selain membuat foto jadi persegi panjang, kamu bisa juga memanfaatkan frame putih untuk sekitar foto. Jadi, buat frame atau border di sekeliling foto yang bentuknya masih persegi ya.

Ukurannya tentu harus kamu samakan untuk setiap postingan di feed Instagram kamu. Misalnya saja, kamu bisa menggunakan ukuran foto 2000×2000 px dengan border putihnya sebesar 200 px.

Tinggal kamu sesuaikan saja dengan kreativitasmu sendiri ya.

5. Bingkai Hitam

feed instagram keren dengan border hitam

Kalau putih terlalu mainstream, kamu bisa gunakan bingkai berwarna hitam. Tentu border atau bingkai hitam ini memberikan kesan yang berbeda daripada yang putih.

6. Tiles Theme

contoh feed instagram keren seperti papan catur

Tiles atau ubin ini mungkin bisa juga disebut gaya papan catur. Jadi, kamu memposting gambar dengan background yang selang seling.

Misalnya saja pertama background putih, maka postingan berikutnya pakai background berwarna, lalu putih lagi, dan begitu seterusnya. Feed Instagram dibuat jadi seperti sebuah papan catur gitu.

Menggunakan style ini akan lebih memudahkan daripada pakai gaya baris atau garis tengah. Kamu nggak perlu langsung posting 3 gambar sekaligus.

7. Rainbow Theme

cera membuat desain feed instagram rainbow theme

Style ini cukup berat sih untuk diterapkan. Apalagi dengan kombinasi 3×3 dan ada aturan warna postingannya.

Tapi, kalau akun Instagram yang pakai style ini dilihat, bakal pengen scroll terus deh sampai habis. Ya gimana ya, feed Instagram model begini tuh kelihatan rapi banget, jadi enak dilihat gitu.

8. Puzzle Theme

instagram feed puzzle ideas

Nah, ini juga cukup membuat kita berpikir, “Gimana cara bikinnya?”. Iya nggak?

Soalnya, feed Instagram yang mirip puzzle ini sulit banget gitu kesannya. Harus bikin banyak gambar yang saling terhubung. Udah gitu, sekali posting nggak mungkin cuma satu aja.

Untuk membuat feed jadi seperti puzzle juga banyak pertimbangannya ya. Gambar yang diposting juga nggak boleh terlihat kosong lho. Kalau cuma satu gambar yang lewat dan ternyata kosong, mungkin follower bisa kabur tuh.

9. Filter Sama

satu filter untuk semua postingan di feed instagram

Nah, buat yang suka pakai filter biar gambar jadi makin keren, bisa coba gunakan di postingan Instagram. Jadi, kamu harus menyeragamkan penggunaan filter untuk edit foto yang diposting.

Hasilnya tentu akan jagi rapi dan keren banget. Semua foto tampak sama kelihatannya karena menggunakan satu filter atau preset.

Untuk mengeditnya, kamu bisa pakai VSCO, Lightroom, Snapseed, atau Preview App. Tinggal pilih aja mana yang cocok sama kamu dan mudah digunakan.

10. Tema Terang

background putih untuk feed instagram

Style ini biasanya menggunakan background putih untuk setiap postingannya. Dengan begitu, feed Instagram akan terlihat terang, bersih, dan rapi.

Kamu sebenarnya bisa juga menggunakan warna selain putih kok. Yang penting, gunakan warna terang saja.

11. Tema Gelap

tema gelap untuk feed instagram

Lawannya terang adalah gelap. Kamu bias menggunakan style yang gelap-gelap gitu. Bahasa kerennya mungkin dark theme ya.

Walaupun gelap, tapi masih menarik lho feed Instagramnya. Tinggal posting gambar yang bagus dan seragam aja, hehehe.

12. Hitam Putih

cara membuat desain feed instagram menjadi hitam putih

Ada juga style yang bikin feed jadi seperti televisi jadul. Ya, kamu bisa menggunakan tema hitam putih, atau black and white theme.

Style hitam putih ini cukup sulit untuk digunakan. Soalnya, kalau kita nggak kreatif, hasilnya malah jadi monoton dan bikin bosan.

13. Monotheme

kreasi feed instagram berupa monotheme

Monotheme ini maksudnya objek yang ada di feed sama. Misalnya semuanya gambar gelas, bunga mawar, atau apapun itu. Tapi bukan foto yang diposting ulang ya.

Semua postingannya berbeda, cuma objek fotonya saja yang sama. Untuk membuat ini tentu membutuhkan usaha yang sangat keras. Ide buat bikin postingan kayak gitu juga sulit dicari biasanya.

14. Penuh Warna

cara membuat feed instagram penuh warna

Buat yang bosan sama warna yang itu-itu aja, kamu bisa mencoba style berwarna ini. Bikin feed Instagram kamu jadi lebih terlihat dan mencolok dengan banyak warna.

15. Doodles

kumpulan ide feed instagram dengan doodle

Suka coret-coret? Coba aplikasikan kesukaan kamu itu di sebuah foto. Jadikan foto lebih menarik dengan bikin doodle atau coretan di atasnya. Tentu bukan sembarang coret-coret ya.

16. Color Splash

color splash untuk feed instagram

Style ini cukup menarik juga lho, jarang banget ada yang pakai. Jadi, foto yang diposting itu warnanya antara grayscale dan colors gitu.

Di bagian tertentu, warnanya dinaikkan dan objek lain warnanya akan diturunkan. Hasilnya jadi aesthetic dan elegan gitu.

Nah, ada sekitar 16 desain feed Instagram yang bisa kamu jadikan inspirasi tuh. Sebenarnya masih banyak lagi ide feed Instagram yang keren. Tapi, kayaknya segitu aja cukup deh, hehehe.

Kira-kira, kalau disuruh milih, kamu akan menggunakan yang mana?

Tips Membuat Feed Instagram yang Bagus

Setelah melihat keindahan feed milik orang lain, tentu kamu penasaran kan? Apakan kita juga bisa membuat yang seperti itu?

Harus bisa dong. Masak nggak bisa sih? Hehehe.

Nah, ada sedikit tips nih biar feed Instagram kamu nggak mainstream.

1. Tentukan Tema

Tema ini penting kalau kamu pengen punya ciri khas. Kamu bisa memilih tema yang sesuai dengan personalitas kalau untuk akun pribadi, atau sesuai niche jika untuk bisnis atau jualan.

Ada banyak tema yang bisa kamu gunakan, misalnya saja contoh style feed Instagram sebelumnya. Kamu bisa menggunakan salah satu diantaranya.

Tinggal pilih mana yang sesuai dengan diri atau bisnis kamu.

Pilih yang memang kamu bisa konsisten untuk menggunakannya ya. Soalnya, beberapa style itu butuh effort yang tinggi.

2. Gunakan Skema Warna Terbaik

Cara membuat desain feed Instagram yang keren adalah perhatikan pemilihan warna. Apalagi kalau kamu punya sebuah brand, warna akan membantumu untuk lebih mudah dikenali.

Jadi, mulai pilih skema warna yang seperti apa yang akan kamu gunakan. Skema warna ini akan membuat feed terlihat harmoni satu dengan yang lain.

Gimana cara melakukannya?

Pertama, tentukan dulu warna utama brand kamu.

Setelah itu, buat palet warna dari feed yang sudah kamu publish. Kamu bisa coba pakai color palette generators agar lebih mudah.

Baru setelah itu, pilih warna yang akan kamu gunakan.

3. Konsisten dengan Gaya

Seperti style yang sudah ada sebelumnya, kunci feed Instagram keren adalah konsistensi. Pola feed Instagram akan terlihat bagus kalau kamu konsisten.

Sebaiknya, kamu menggunakan gaya yang sama untuk semua postingan di feed Instagram. Misalnya saja gaya border, pilih yang sesuai dengan tipe konten kamu dan gunakan itu terus.

Kalau pakai border, kamu bisa gunakan style white border atau rectangle. Jadi, akan ada white space di sekitar foto yang kamu upload.

4. Jangan Lupa Font dan Tipografi

Kalau kamu memilih style yang menggunakan tipografi pada gambar, perhatikan pemilihan font ya. Misalnya saja ketika kamu ingin membuat quotes di feed Instagram.

Usahakan memilih font yang mudah dibaca. Jangan gunakan font yang membuat mata lelah dan tidak terbaca jelas.

Perhatikan juga ukuran, peletakan huruf, besar huruf, dan warna ya. Pokoknya harus dikombinasikan dengan baik antara huruf dan gambar.

Aplikasi Edit Foto untuk Posting Instagram

Setelah tahu macam-macam desain feed dan tips bikin feed Instagram yang bagus, saatnya cari tahu aplikasi untuk membuatnya.

Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi di bawah ini.

1. Lightroom

lightroom

Adobe Lightroom – Photo Editor & Pro Camera
Dibuat oleh: Adobe
Instal: 100.000.000+

Rating: 4.5 out of 5.

Aplikasi yang satu ini sudah terkenal banget buat edit foto. Nggak cuma untuk desain feed Instagram saja, tapi juga editing foto profesional.

Kamu bisa menggunakan aplikasi berbasis android, untuk iPhone, ataupun di komputer. Kalau mau pakai yang gratisan, pakai handphone lebih enak.

Menggunakan Lightroom, kamu bisa mengedit gambar dengan mudah. Ada fitur preset Lightroom yang akan mengubah gambar hanya dengan beberapa detik saja.

Baca Juga: Kumpulan Preset Lightroom

2. VSCO

vsco

VSCO: Photo & Video Editor
Dibuat oleh: VSCO
Instal: 100.000.000+

Rating: 4 out of 5.

Bisa dibilang VSCO ini masuk jajaran aplikasi edit foto Instagram terbaik. Kamu bisa mengedit foto pakai VSCO dengan cepat. Apalagi ada berabgai preset dan fitur yang keren.

Preset ini mirip seperti yang ada di Lightroom ya, tapi khusus untuk VSCO saja. Dengan memanfaatkan preset, kamu bisa membuat feed Instagram jadi seragam dan aesthetic gitu.

3. Snapseed

snapseed

Snapseed
Dibuat oleh: Google LLC
Instal: 100.000.000+

Rating: 4.5 out of 5.

Aplikasi berikutnya yang bisa digunakan untuk membuat desain feed Instagram adalah Snapseed.

Snapseed menyediakan berbagai fitur yang akan membaut foto kamu jadi lebih kece. Ada juga filter yang membuat pengeditan bisa dilakukan dengan cepat.

Buat pemula, menggunakan Snapseed ini juga lebih mudah kok. Kamu bisa mencari berbagai tutorial yang ada di Youtube.

4. Canva

Canva

Canva: Graphic Design, Video Collage, Logo Maker
Dibuat oleh: Canva
Instal: 100.000.000+

Rating: 4.5 out of 5.

Kalau pakai Canva, mungkin desain feed Instagram kamu akan berbeda.

Dengan menggunakan Canva, kamu bisa menambahkan tulisan dan berbagai macam. Cocok buat yang ingin membuat feed Instagram dengan berbagai jenis tulisan.

Coba kulik sendiri ya Canva ini, soalnya ada banyak hal yang bisa kamu lakukan menggunakan aplikasi ini.

Canva tidak hanya tersedia untuk android dan iPhone saja kok. Buat yang pakai komputer atau laptop, bisa langsung akses website-nya saja.

Beberapa aplikasi di atas salah satunya bisa untuk membuat puzzle feed Instagram. Nah, penasaran bagaimana cara membuat desain feed Instagram yang nyambung itu?

Cara Membuat Puzzle Feed Instagram

Salah satu style yang menarik dan cukup sulit dibuat adalah puzzle atau gambar nyambung.

Apa Itu Feed Puzzle Instagram?

Feed puzzle Instagram adalah tampilan feed berupa grid yang dibuat untuk menyatukan beberapa elemen dari kotak yang ada di IG. Hasilnya, tampilan feed akan jadi unik dan saling berhubungan.

Aplikasi Grid Instagram

Untuk membuat feed Instagram yang nyambung, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan. Berikut ini beberapa aplikasinya.

grid maker for instagram

Grid Maker for Instagram
Dibuat oleh: WrongTurn Apps
Instal: 1.000.000+

Rating: 4.5 out of 5.
9square for instagram

9square for Instagram
Dibuat oleh: hodanny
Instal: 5.000.000+

Rating: 4 out of 5.
giant square & grid Maker for Instagram

Giant Square & Grid Maker for Instagram
Dibuat oleh: JP’s Apps
Instal: 1.000.000+

Rating: 4.5 out of 5.

Beberapa aplikasi di atas memang ditujukan untuk membuat grid sehingga postingan kita bisa terlihat nyambung antara yang satu dengan yang lainnya.

Cara menggunakan aplikasinya juga mudah kok. Tutorialnya nggak usah ditulis ya, hehehe. Soalnya, kamu pasti bisa menggunakan dengan lancar deh.

Tapi, ada juga cara lainnya, yaitu dengan menggunakan Canva.

Cara Membuat Feed Instagram Nyambung dengan Canva

Untuk membuat feed Instagram yang bisa nyambung, kamu bisa juga memanfaatkan aplikasi gratis Canva.

Tutorial cara membuat desain feed Instagram pakai Canva versi website ya, pakai laptop. Kalau kamu mau menggunakan yang mobile juga bisa kok, ada di Play Store dan App Store.

Untuk caranya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Canva.com

Pertama, kunjungi dulu website Canva menggunakan browser kamu.

Kalau sudah, silakan login untuk yang udah punya akun. Kalau belum punya, daftar dulu ya. Cara daftar akun baru Canva sama aja kok kayak daftar online gitu.

2. Buat Desain

Kalau sudah berhasil masuk ke Canva, sekarang kita buat desain baru.

Klik Buat desain, lalu pilih Ukuran khusus. Masukkan ukuran yang akan dibuat, kita akan bikin desain dengan ukuran 3240×3240 px.

Kalau sudah diisikan ukurannya, langsung aja pilih Buat desain baru.

Setelah itu, kamu akan dialihkan ke halaman baru yang digunakan untuk mendesain.

3. Buat Kisi

Kisi atau grid ini digunakan untuk mempermudah proses desain feed Instagram.

Karena kita akan membuat yang berukuran persegi, maka bagi halaman menjadi 9 bagian. Kalau kamu mau buat yang ukuran satu baris dengan 3 gambar saja juga bisa. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk membuat kisi, pertama klik menu Elemen yang ada di bagian kiri. Lalu scroll ke bawah sampai menemukan kisi. Pilih Lihat semua.

Cari kisi yang ada 9 gambar dengan pembagiannya sama rata. Cari yang ukuran 3×3 ini sedikit sulit sih. Jadi, kamu harus teliti ya sampai ketemu, hehehe.

Setelah ketemu, klik aja sekali, nanti grid akan ditambahkan pada halaman desain.

4. Ubah Warna Grid

Setelah grid ditambahkan, sekarang kita ubah dulu warnanya bisa mudah ketika melakukan desain nantinya.

Klik saja salah satu kotak, kita mulai dari kiri atas, lalu klik kotak warna pelangi di bagian atas kiri. Pilih warna hitam saja untuk kotak yang pertama.

Nah, kotak kedua, kita lakukan hal yang sama, tapi ubah warnanya jadi abu-abu. Lakukan pewarnaan ini sehingga warna kotak selang seling antara hitam dan abu-abu.

Kalau sudah, klik gambar gembok yang ada di kanan atas. Ini untuk mengunci grid agar ketika kita menambahkan gambar, tidak akan masuk ke grid secara otomatis.

5. Masukkan Foto

Kalau layout sudah siap, sekarang saatnya memasukkan foto.

Klik Unggahan yang ada di bagian kiri, lalu pilih Unggah media. Setelah itu, pilih menu Perangkat, kamu bisa upload gambar dari komputer atau laptop.

Jika foto atau gambar sudah ter-upload semua, kamu tinggal pilih satu per satu gambarnya.

Lebih baik klik dan tahan gambar, lalu arahkan ke halaman kerja. Kalau kamu cuma klik gambarnya, nanti gambarnya akan bertumpuk soalnya.

Ingat: Klik dan drag gambar agar bisa diatur letaknya dengan mudah.

6. Tambahkan Tulisan dan Elemen

Kalau gambar sudah diatur dan di-pas-kan dengan kotak yang jadi acuan, kamu bisa menambahkan tulisan.

Tinggal klik aja menu Teks yang ada di bagian kiri. Kemudian pilih jenis huruf yang akan dipakai. Tarik huruf tersebut, dan seret ke halaman kerja. Kemudian klik dua kali di hurufnya, dan ketikkan kata-kata sesuai keinginan kamu.

Geser dan atur sampai desainnya cocok dengan yang kamu inginkan.

Selain tulisan kamu juga bisa menambah elemen berupa gambar, garis, bingkai, dan yang lainnya. Tinggal klik saja menu Elemen di bagian kiri. Lalu pilih-pilih dan susun agar tampilannya terlihat bagus.

7. Delete Grid

Kalau gambar sudah ditambahkan dan sudah disusun dengan bagus, kamu bisa meng-unlock grid.

Klik terlebih dahulu layout yang dibuat untuk membantu mendesain feed Instagram. Kemudian, klik gambar gembok seperti ketika kamu mengunci grid sebelumnya.

Setelah grid di-unlock, tinggak delete aja deh. Bisa dengan menekan tombol Del pada keyboard atau klik ikom gambar tempat sampah.

Sebenarnya, langkah ini bisa dilewati jika gambar yang kamu tambahkan memenuhi seluruh halaman. Kamu bisa langsung ke step selanjutnya saja.

8. Ubah Warna Background

Karena grid sudah dihilangkan, langakah selanjutnya dari cara membaut desain feed Instagram yang nyambung adalah mengubah warna background.

Kamu tinggal klik pada bagian background (bagian yang tidak ditambahi elemen, teks, atau gambar). Setelah itu klik kotak warna di bagian atas kiri. Lalu pilih warna sesuai dengan yang kamu inginkan.

9. Download Gambar

Kalau desain feed sudah selesai, kamu bisa download gambarnya. Klik saja Unduh, yang ada ikon tanda panah ke bawah di bagian kanan atas.

Pilih format gambar yang diinginkan, lalu klik Unduh.

Nah, proses desain gambar untuk feed sudah selesai. Eits, tapi belum berakhir ya. Kita masih harus memotong gambarnya agar bisa di-upload menjadi beberapa gambar di Instagram.

10. Potong Gambar

Karena kita membutuhkan 9 gambar (3×3 gambar), maka kita akan memotongnya menjadi 9 bagian.

Pertama, kita akses dulu website bernama ImageSplitter by Postcron, klik aja di sini.

Penggunaan tools online ini gampang banget. Kamu tinggal klik Upload Image!, lalu pilih gambar yang akan dipotong.

Sesuaikan ukuran potongan yang dinginkan. Kamu juga bisa menentukan akan dipotong menjadi berapa kali berapa pakai tools ini.

Kalau sudah, pilih format gambar yang akan digunakan. Terus, klik aja Split Image. ImageSplitter akan secara otomatis memotong gambar dan kalau sudah selesai gambar akan di-download dengan otomatis.

Tinggal buka aja file yang berbentuk zip dan gunakan untuk posting di Instagram.

Perhatian: Upload gambar yang sudah dipotong secara berurutan di Instagram. Mulai dari nomor 1 sampai 9 agar gambar menjadi utuh kembali.

Gimana? Cukup mudah kan?

Kalau kamu tidak ingin mendesain dan cuma memotong gambar saja bisa langsung gunakan aplikasi Grid Maker atau dengan ImageSplitter.

Tutorial yang panjang di atas itu cara membuat desain feed Instagram yang menarik aja, hehehe. Sebenarnya, cara di atas digunakan untuk membuat tulisan coming soon di Instagram.

Tinggal disesuikan aja kebutuhan gambar dan tulisannya.

Baca Juga: Cara Membuat Logo yang Keren Pakai Photoshop

Cara Membuat Desain Feed Instagram di Photoshop

Selain pakai Canva, kamu juga bisa menggunakan Photoshop lho. Tapi, kalau Canva itu gratis, Photoshop ini berbayar ya.

Caranya hampir sama kok, cuma alat atau software-nya saja yang berbeda. Eh, sama proses dan langakah-langkahnya juga, hehehe.

Langkah di bawah ini adalah cara untuk membuat desain Feed Instagram Puzzle ya.

  1. Buka Adobe Photoshop di laptop atau PC.
  2. Klik menu File > Open, pilih foto persegi yang sudah kamu siapkan.
  3. Jika foto sudah ditambahkan, pilih Slice Tool yang ada di bagian kiri.
  4. Lalu, klik kanan pada foto dan pilih opsi Divide Slice.
  5. Akan keluar jendela baru, pilih opsi Divide Horizontally Into dan Divide Vertically Into.
  6. Masukkan angka 3 pada kotak yang tersedia. Lalu klik OK.
  7. Klik menu File > Export > Save for Web > Pilih format JPG atau yang PNG.
  8. Setelah itu, pilih Save dan tentukan lokasi penyimpanan.
  9. Terakhir, klik lagi tombol Save dan gambar sudah tersimpan.

Udah deh, kamu tinggal upload saja gambarnya ke Instagram sesuai dengan urutannya.

Baca Juga: Cara Hapus Akun Instagram yang Lupa Password dengan Mudah

Penutup

Cara membuat desain feed Instagram di atas semoga membantu ya. Buat feed yang menarik dan membuat orang ingin mem-follow akun kamu. Kalau ada pertanyaan seputar desain-men-desain, tulis aja di kolom kometar ya. 🙂

Leave a Comment!