Cara memperbaiki keyboard laptop yang error

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Ada masalah dengan keyboard kamu? Bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop? Nggak perlu bingung kalau ada yang error, rusak, atau tidak berfungsi sebagian. Kita bisa mengatasinya kok, asal jangan panik dulu ya.

Kadang, keyboard di laptop memang bisa bermasalah. Ada yang error keyboard laptop terkunci, huruf tidak bisa sebagian. Bahkan, juga keyboard yang mengetik sendiri.

Nah, hal pertama yang harus kita lakukan sebelum memperbaiki keyboard yang error adalah cari permasalahan.

Cek Masalah pada Keyboard Laptop

Kita harus cari tahu dulu nih, apakah kerusakan yang terjadi itu karena hardware atau software. Cara ceknya gimana? Simak cara-cara berikut ini untuk melihat kerusakannya disebabkan oleh apa.

Cek Menggunakan BIOS

Mengetahui apakah kerusakan disebabkan oleh software atau hardware ini penting. Sebab akan menentukan perbaikan yang dilakukan selanjutnya.

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan masuk ke BIOS.

  1. Matikan laptop terlebih dahulu.
  2. Nyalakan kembali dan langsung tekan tombol del atau esc secara berulang.
  3. Tunggu sampai masuk ke sistem BIOS.

Kalau kamu nggak masuk ke BIOS atau sudah masuk BIOS tapi tidak bisa geser navigasi pakai keyboard, berarti masalahnya ada di hardware.

Tapi, kalau kamu bisa masuk ke BIOS dan bisa ber-navigasi menggunakan tombol di keyboard, artinya keyboard laptop baik-baik saja. Bisa jadi kerusakan terjadi pada software di program Windows.

Masuk ke Safe Mode

Untuk mengecek apakah kerusakan terjadi pada software atau hardware, kamu bisa masuk ke safe mode.

Setelah berhasil masuk ke safe mode, kamu bisa cek apakah keyboard bisa digunakan atau tidak. Kalau bisa, berarti yang rusak adalah Windows-nya. Tapi, kalau keyboard ternyata belum bisa digunakan juga, kemungkinan kerusakan terjadi pada hardware keyboard (bisa sambungan atau keyboard-nya).

Setelah diketahui masalahnya, baru deh kita lakukan perbaikan.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error

Keyboard gaming USB
unsplash.com

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika keyboard laptop tiba-tiba error atau rusak.

1. Restart Laptop

Tiba-tiba keyboard kamu tidak berfungsi sebagian atau seluruhnya saat digunakan mengetik?

Mungkin ada masalah pada software atau driver-nya. Kamu bisa restart laptop segera, siapa tahu cara ini sudah bisa memperbaiki atau mengembalikan fungsi keyboard lagi.

Untuk restart, coba gunakan trackpad terlebih dahulu kalau keyboard tidak bisa digunakan. Kalau trackpad juga nggak bisa dipakai, gunakan mouse.

Kalau cara apapun masih belum bisa juga digunakan, terpaksa gunakan trik pamungkas. Tekan tombol power selama 5-10 detik sampai laptop mati. Baru kemudian tekan lagi tombol power untuk menyalakan laptop.

Cara menekan tombol power sebaiknya dilakukan jika sudah tidak ada jalan lain. Sebab, itu merupakan cara paksa untuk mematikan laptop.

2. Update Driver

Kadang, keyboard laptop tidak bisa digunakan karena masalah driver yang tidak update, corrupt, atau tidak compatibel. Untuk melihat masalah pada driver keyboard, kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Masuk ke dalam Start Menu.
  2. Pilih Control Panel.
  3. Klik Hardware and Sound.
  4. Kemudian pilih Device Manager.
  5. Lalu klik tanda panah di samping tulisan Keyboards.
  6. Kamu bisa melihat tandanya di situ, kalau ada tanda peringatan berwarna kuning, itu artinya driver keyboard mengalami masalah.
  7. Untuk mengatasinya, kamu bisa lakukan update driver.
  8. Klik kanan pada driver keyboard di Device Manager.
  9. Pilih Update Driver Software.

Tunggu sampai proses selesai, lalu restart laptop kamu. Cek, apakah keyboard sudah bisa digunakan dengan normal atau belum. Cara memperbaiki keyboard laptop dengan cara ini bisa kamu coba lakukan sendiri.

3. Bongkar Keyboard

Jika kerusakan yang terjadi karena masalah hardware, kamu bisa melepasnya dan melihat masalah yang terjadi.

Bisa saja keyboard tidak bisa digunakan karena konektor keyboard dengan mother board lepas. Atau, bisa juga karena tertekuk, renggang dan memasangnya kurang kuat.

Cara memperbaiki keyboard laptop dengan masalah hardware tersebut adalah dengan melepas terlebih dahulu keyboard dari laptop. Kemudian, lihat, apakah konektor sudah terpasang dengan baik atau belum.

4. Tukar Keyboard

Kalau ternyata masalah konektor baik-baik saja, bisa jadi memang keyboard-nya rusak. Kamu bisa coba untuk menggunakan keyboard yang lain dulu. Ini merupakan cara memperbaiki keyboard laptop yang cukup rumit.

Cara membuka keyboard laptop berbeda-beda ya tiap merk. Merk Asus, Acer, Lenovo, HP, Apple, MSI, tentu berbeda caranya. Kamu bisa lihat di Youtube untuk mengetahui cara membuka keyboardlaptop.

Tapi hati-hati ya ketika membuka keyboard laptop-nya. Soalnya hal ini cukup riskan karena kabel konekor itu mudah rusak juga.

Untuk melepaskan keyboard dari laptop, caranya bisa dilihat langsung di Youtube. Cukup tulis saja “cara melepas keyboard laptop” kemudian seri laptop kamu.

Bisa juga dengan bahasa Inggris, “how to remove keyboard” baru diikuti seri laptop kamu.

Tonton video-nya, lalu lepas keyboard dan pasang yang baru. Kalau ternyata keyboard masih belum berfungsi, berarti masalah ada di software laptop kamu.

Tapi, setelah dipsang keyboard baru berfungsi dengan baik. Itu artinya memang keyboard laptop kamu sebelumnya bermasalah.

5. Bersihkan Kotoran

Kotoran atau debu biasanya menjadi salah satu faktor kerusakan keyboard. Debu bisa masuk ke sela-sela keyboard sehingga menutupi komponen di dalamnya. Bisa juga kotoran serpihan makanan buat yang suka makan sambil di depan laptop.

Ciri-ciri keyboard yang kotor.

  • Tombol tidak berfungsi sebagian.
  • Terdengar bunyi beep ketika laptop digunakan, padahal biasanya tidak.
  • Tombol hanya tertekan sedikit, tetapi ketika membuka lembar kerja akan muncul huruf tertentu.
  • Huruf tidak muncul padahal sudah ditekan.
  • Huruf yang ditekan, munculnya tidak sesuai.

Setelah mengetahui bahwa tidak berfungsinya tombol karena keyboard kotor, lakukan cara memperbaiki keyboard laptop berikut ini.

  • Tentukan tombol mana saja yang tidak berfungsi.
  • Lepaskan tombol dengan hati-hati (cara melepas tombol lihat di Youtube biar aman).
  • Tekan socket tombol yang sudah dilepas.
  • Jika berfungsi dengan baik, artinya socket baik-baik saja.
  • Sedot menggunakan vacuum cleaner atau semprot pakai hair dryer agar kotoran hilang.
  • Setelah bersih, pasang kembalki tombol yang dicopot tadi.
  • Periksa, apakah tombol sudah berfungsi kembali atau belum.

Tips Bila Tiba-Tiba Keyboard Tidak Berfungsi

Buat yang sedang bekerja namun tiba-tiba keyboard error dan butuh kerjaan cepat selesai. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Pakai On-Screen Keyboard

On-Screen Keyboard

Kalau tiba-tiba keyboard error dan kerjaan harus segera diselesaikan. Kamu bisa menggunakan On-Screen Keyboard terlebih dahulu.

  1. Klik Start.
  2. Cari Windows Ease of Access.
  3. Lalu klik On-Screen Keyboard.

Maka, akan terbuka program On-Screen Keyboard di layar laptop kamu.

Aplikasi ini berfungsi layaknya keyboard biasa, mirip seperti yang ada di handphone gitu. Kamu bisa menggunakan mouse atau trackpad untuk menggunakannya.

Tapi, cara ini memang kurang efektif karena harus klik satu per satu hurufnya. Saat keadaan mendesak, On-Screen Keyboard ini bisa banget kamu gunakan.

On-Screen Keyboard ini bisa kamu gunakan di Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Ingat ya namanya, On-Screen Keyboard, bukan men-screenshot layar laptop, hehehe.

2. Gunakan Keyboard Tambahan

Keyboard and mouse set
unsplash.com

Saat mendesak, cara paling gampang adalah menggunakan keyboard tambahan. Kamu bisa memakai keyboard USB ataupun wireless.

Dengan menyambungkan keyboard tambahan ke laptop, maka bisa mengatasi masalah kamu segera. Baru deh, setelah kerjaan selesai, kamu bisa memperbaiki keyboard laptop.

Semoga cara di atas dapat mengatasi masalah keyboard laptop yang error dan tidak bisa digunakan ya.

Selamat mencoba 🙂

Leave a Comment!